Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Siap-siap! Pemkot Surabaya Gelar Nobar Piala Asia U-23 Indonesia Vs Irak di Stadion Gelora 10 Nopember

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - May - 2024, 09:20

Placeholder
Suasana Stadion Gelora 10 Nopember Surabaya.

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya  menggelar nonton bareng (nobar) laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia menghadapi Irak, Kamis (2/5/2024) malam, di Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya. 

Nobar ini bekerjasama dengan MNC Group dan didukung oleh Persebaya Surabaya. 

Baca Juga : Ganggu Lalu-Lintas, Sebagian Pedagang di Pasar Gadang akan Direlokasi

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Wakil Wali Kota Armuji telah melakukan pengecekan di lokasi, untuk memastikan kesiapan sarana prasarana stadion bersejarah itu. Pengecekan juga diikuti beberapa Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup pemkot serta perwakilan dari manajemen Persebaya Surabaya.

"Jadi Insyaallah (nobar) kita adakan di Gelora 10 Nopember. Karena Gelora 10 Nopember ini adalah tuahnya gelora, semangatnya arek Suroboyo, sehingga kita adakan di Gelora 10 Nopember," kata Eri, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (2/4/2024).

Masyarakat yang ini nobar di G10N bisa datang mulai pukul 19.00 WIB. Sebab, gate atau pintu masuk stadion akan dibuka pemkot sekitar tiga jam sebelum kick off pertandingan Timnas U-23 Indonesia kontra Irak U-23 pada pukul 22.30 WIB.

"Nanti insyaallah gate-nya akan dibuka mulai pukul 19.00 WIB, meskipun pertandingannya mulai pukul 22.30 WIB. Dan tetap seperti kemarin (acara nobar di Balai Kota), ada (hiburan) Amira DJ, kita akan lakukan juga di Gelora 10 Nopember," ujarnya.

Eri menyebut bahwa Stadion Gelora 10 Nopember ini mampu menampung kapasitas hingga 20.000 penonton. Untuk itu, seluruh gate atau pintu masuk tribun juga akan dibuka agar memudahkan akses keluar masuk penonton saat gelaran nobar.

"Nanti open gate-nya juga kita tadi sampaikan kepada pedagang-pedagang yang di depan untuk mereka bisa masuk jualan. (Misalnya) ada yang jual lumpia, silahkan masuk, sekaligus untuk mengenang lah. Ini untuk menggerakkan ekonomi juga di Kota Surabaya," paparnya.

Politisi PDIP itu berharap, gelaran nobar Piala Asia U-23 di Stadion Gelora 10 Nopember dapat memberikan semangat dukungan kepada Garuda Muda Indonesia untuk bisa meraih juara 3 dan sekaligus lolos ke Olimpiade Paris 2024. "Semoga dengan semangatnya Gelora 10 Nopember, Timnas bisa juara 3 dan lolos ke olimpiade," imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser menyampaikan bahwa Wali Kota Eri Cahyadi kembali memberikan ruang bagi warga yang ingin nobar Timnas U-23 Indonesia dalam gelaran Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga : Selain Tiga Hotel, Pasar Modern Baru Rencana Akan Hadir di Kota Malang

"Untuk tribun utama nanti dikhususkan bagi perempuan dan anak. Dalam tribun akan ada empat layar utama dan ditambah dua sirip lagi di VIP. Jadi kemungkinan ada 6 layar besar yang nanti disediakan di Gelora 10 Nopember," kata M Fikser.

Selain itu, Fikser menyebutkan jika semua gate atau pintu masuk tribun stadion nantinya akan dibuka untuk akses keluar masuk warga. Gate akan dibuka sekitar pukul 19.00 WIB. "Kita mulai buka pukul 19.00 WIB, biar mengalir, tidak pada saat acara itu (dimulai). Jadi kita buka lebih awal," katanya.

Dalam gelaran nobar di G10N, Fikser mengungkapkan bahwa para pedagang asongan juga dipersilahkan masuk berjualan. Seperti misalnya pedagang jajanan lumpia atau minuman. "Jadi para pedagang asongan, Pak Wali Kota minta untuk diberikan kesempatan jualan di dalam stadion," tambahnya.

Namun demikian, Kepala Satpol PP Kota Surabaya ini juga meminta kerjasama para pedagang asongan, khususnya minuman. Pihaknya mengimbau agar minuman botol yang dijual kepada penonton nantinya dapat dikemas ke dalam plastik untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Jadi bagi para pedagang asongan kita juga minta kerjasama untuk kemudian bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengais rezeki. Tetapi kami juga berharap minumannya tidak ditaruh di dalam botol, jadi mungkin ditaruh di plastik," pungkasnya.


Topik

Olahraga Nobar nonton bareng Piala Asia Piala AFC



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni