Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

dr Zaidul Akbar Ungkap Banyak yang Salah Kaprah dengan Ilmu Parenting: Padahal yang Bermasalah Orang Tua

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - May - 2024, 06:30

Placeholder
Dr Zaidul Akbar. (Foto dari YT dr Zaidul Akbar Official))

JATIMTIMES - Mendidik anak adalah sebuah tantangan yang cukup sulit bagi para orang tua. Tidak semua orang mengerti dalam mendidik anak. 

Oleh karena itu, saat ini banyak sekali ilmu parenting diajarkan berharap anak bisa tumbuh dengan baik dan juga sesuai dengan keinginan orang tua.

Baca Juga : Gas Habis Jangan Langsung Diganti, Pakai Cara Ini Elpiji Dijamin Bisa Terisi Kembali

Tak hanya dalam ilmu parenting yang saat ini banyak diajarkan orang tua, mendidik anak juga ada ilmunya dalam Al-Qur'an. Hal itu diungkap langsung oleh pendakwah sekaligus dokter Zaidul Akbar. 

“Cara mendidik dalam Quran diajarin. Cara mendidik anak segala macem,” ujar Zaidul Akbar di Youtube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip Kamis (2/5/2024). 

Namun, dr Zaidul Akbar mengaku tidak habis pikir dengan ilmu parenting yang banyak diajarkan saat ini. Pasalnya menurutnya, dalam parenting yang saat ini yang dibahas malah anaknya bukan orang tuanya. 

“Saya kadang-kadang gak abis pikir. Ilmu parenting. Parenting itu dibahas orangtua apa anak? Anak lho, padahal yang masalah orangtua,” ucapnya.

“Terus nanya, bagaimana cara hilangkan candu gadget ke anak-anak. Pertanyaan konyol gak? Konyol kalau Anda tahu ilmunya. Kenapa konyol? Ke mana aja lho! Kenapa anak gak diajak main? Itu kan gara-gara anak gak diajak main, akhirnya main gadget,” sambungnya.

Menurut Zaidul Akbar, parenting sendiri berasal dari kata ‘parent’ yang berarti orangtua. Maka menurutnya, yang seharusnya dibahas adalah orangtua, bukan anak.

Baca Juga : Amalan dan Keutamaan Bulan Zulkaidah, Raih Sebelum Idul Adha Tiba!

“Parent itu apa? Orangtua. Trendingnya tentang anak, padahal yang masalah orangtua. Sebatas mana ketaatan seorang istri pada suami? Bener gak pertanyaannya? Ya, gak salah, cuma seharusnya gak usah nanya,” ungkapnya.

“Sepanjang suaminya itu berada pada ketaatan dan perintahnya itu bukan maksiat, maka ketaatan istri pada suami itu mutlak. Itu kaidahnya, tapi kan gak tau,” jelasnya. 

Zaidul Akbar menyarankan agar para orang tua berkaca pada keluarga nabi dan menjadikan keluarga nabi sebagai rujukan baik dalam keluarga maupun dalam mendidik anak. 


Topik

Pendidikan ilmu parenting dr zaidul akbar parenting orang tua



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni