Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Gas Habis Jangan Langsung Diganti, Pakai Cara Ini Elpiji Dijamin Bisa Terisi Kembali

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - May - 2024, 05:59

Placeholder
Tabung elpiji. (Foto screenshot YT Tukang AB)

JATIMTIMES - Gas elpiji adalah salah satu barang yang wajib ada di dapur. Sebagian besar orang kini sudah beralih dari kompor minyak tanah ke kompor gas. Sebab, kompor gas lebih praktis dan simple.

Biasanya, gas elpiji dijual di warung-warung. Mulai dari gas elpiji 3 kg 5 kg, hingga 12 kg.

Baca Juga : Jalin Kerukunan dan Munculkan Potensi Jember Melalui Festival Lagu Rohani Kristen-Katolik

Gas elpiji 3 kg bisa digunakan paling lama satu bulan dengan pemakaian normal. Namun terkadang, belum ada 2 minggu gas elpiji sudah habis.

Hal seperti itu terjadi kemungkinan karena gas elpiji yang berada di dalam tabung membeku sehingga tak bisa digunakan. 

Jika hal ini terjadi biasanya ibu-ibu langsung menukarkannya ke warung dan menggantinya dengan yang baru. Tentu hal ini sangat menguras dompet jika terjadi berkelanjutan. 

Namun kini tak perlu khawatir lagi, pasalnya saat ini ada sebuah cara supaya gas elpiji bisa digunakan meskipun sudah habis. Akan tetapi perlu diingat bahwa cara ini digunakan untuk keadaan darurat saja. 

Misalnya sedang tidak memiliki uang atau untuk membuktikan bahwa elpiji benar-benar habis karena seringnya elpiji habis dengan waktu yang sangat singkat. 

Penasaran kan bagaimana caranya agar elpiji bisa dipakai lagi saat sudah habis tanpa menukarkannya di warung? Yuk langsung simak caranya berikut ini. 

Melansir kanal YouTube @TUKANG AB, berikut ini sebuah trik sederhana untuk mengisi ulang tabung gas elpiji yang hampir habis tanpa harus membeli yang baru.

Caranya cukup mudah, pertama yang harus dipersiapkan adalah air panas. Fungsi dari air panas ini adalah untuk mencairkan gas yang membeku di dalam tabung elpiji.

Dengan begitu, gas yang sebelumnya tidak terpakai bisa kembali digunakan, menghemat pengeluaran untuk membeli tabung gas yang baru.

Baca Juga : Selain Tiga Hotel, Pasar Modern Baru Rencana Akan Hadir di Kota Malang

Proses pencairan gas ini pun tidaklah sulit. Selain air panas, dalam proses ini juga dibutuhkan wadah untuk air panas tadi. 

Kemudian letakkan tabung elpiji di sebuah wadah berupa ember. Gunanya agar air panas tidak jatuh ke lantai dan tetap menghangatkan sisi bawah tabung. 

Selanjutnya, air panas tersebut bisa langsung dituangkan ke permukaan gas elpiji bagian samping secara perlahan. 

Pastikan air panas mengenai badan tabung dan mengalir hingga kebawah tabung. 

Dengan melakukan trik ini, tabung elpiji yang hampir habis bisa kembali terisi penuh, tanpa harus menukarnya dengan yang baru. 

Dalam menerapkan trik ini, harap diperhatikan bahwa jarum indikator jangan sampai menyentuh warna kuning. Trik ini dianggap aman jika jarum indikator berada di warna merah atau hijau. 

Jika jarum indikator berada di warna kuning, sebaiknya gas jangan dipakai karena takut berisiko untuk meledak. Selamat mencoba. 


Topik

Serba Serbi Agas elpiji LPG tabung gas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni