Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jatim Ingatkan Pentingnya Program Jaminan Pensiun Bagi Pekerja

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

24 - Apr - 2024, 10:58

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : BPJS Ketenagakerjaan)

JATIMTIMES- BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur mengingatkan para pekerja yang masih berusia muda agar tidak lupa menyiapkan dana dan menabung untuk kenyamanan di masa depan.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur, Hadi Purnomo, tagline 'Produktif di Masa Muda, Sejahtera di Masa Tua', cocok untuk kawula muda.

Baca Juga : Mengenal Risiko Investasi Emas Antam yang Harganya Anjlok di Bulan April 2024

"Kita tidak pernah tahu kapan musibah dan hal-hal yang tidak diinginkan, terjadi di kehidupan. Terutama di masa yang akan datang," ujarnya.

Jadi, ketika tubuh sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja, kata dia, kita tetap memiliki kemampuan keuangan yang mencukupi di hari tua.

Salah satu caranya, kata dia, adalah dengan mendaftar program Jaminan Pensiun (JP) BPJS Ketenagakerjaan. Program JP bisa digunakan untuk mempertahankan kehidupan yang layak ketika peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena telah memasuki usia pensiun.

"Adanya Jaminan Pensiun, menjadikan peserta tidak perlu lagi pusing memikirkan keuangan di masa depan. Karena mendapatkan manfaat berupa uang tunai bulanan yang diberikan sejak peserta memasuki usia pensiun sampai dirinya meninggal dunia," ujarnya.

Pemberian manfaat ini baru bisa direalisasikan apabila peserta sudah memenuhi usia masa iuran minimum 15 tahun.

Hadi Purnomo kemudian menjelaskan tentang syarat menjadi peserta Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang diantaranya adalah pekerja orang perseorangan, pekerja pada sebuah perusahaan, serta pekerja yang bekerja pada pemberi kerja, selain dari penyelenggara negara.

Sementara, untuk cara mendaftarnya, pekerja harus mengisi formulir pendaftaran secara lengkap. Lalu melengkapi dengan dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi KK, surat keputusan pengangkatan, perjanjian kerja, dan bukti lain yang menyatakan adalah pekerja.

Setelah semuanya lengkap, lanjut dia, maka data akan diverifikasi kurang lebih tujuh hari.

Pendaftaran oleh pemberi kerja syaratnya, mengisi formulir pendaftaran, baik manual maupun elektronik dulu. Pendaftaran dilengkapi dengan fotokopi KTP dan KK.

Pendaftaran ini bisa dilakukan di kantor cabang maupun website resmi BPJS Ketenagakerjaan.
Nantinya, kata dia, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menerbitkan nomor kepesertaan, paling lama sehari kerja setelah dokumen lengkap dan pembayaran pertama lunas.

Selain mendaftar Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, juga bisa mempersiapkan hari tua dengan cara memiliki income tambahan.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Blitar Bagi-Bagi Takjil Gratis dan Sosialisasi Program pada Bulan Ramadhan 2024

Walau sudah bekerja menjadi pekerja tetap, kata dia, seseorang tetap bisa mencari penghasilan tambahan.
Caranya mudah, diantaranya bisa menjadi freelancer, menulis blog, menawarkan jasa pembuatan website, menjadi content creator, dan lainnya.

Pihaknya juga menyarankan untuk menghindari hutang yang dia sebut bisa menjauhkan dalam mencapai tujuan keuangan, khususnya di masa depan.

"Adanya hutang dikhawatirkan malah membuat hidup menjadi tidak nyaman bahkan sulit untuk menabung. Maka dari itu, usahakan untuk tidak berutang, ya," lanjutnya.

Selanjutnya, kata dia, siapkan dana darurat. Karena dana itu bisa membantu menghadapi risiko di masa mendatang. Misalnya, sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Selain itu, dana darurat juga dapat membuat hidup jadi lebih tenang dan nyaman.

"Siapkan hari tua dengan mendaftar Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, jaminan sosial tenaga kerja supaya masa tua bebas dari rasa khawatir dan dapat melakukan Kerja Keras Bebas Cemas," ujarnya.

Di tempat lain, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Madura Indriyatno  menegaskan dukungannya terhadap pesan yang disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Timur.

Dalam pandangannya, menyiapkan dana dan menabung untuk masa depan adalah suatu tindakan bijak yang sering kali terlupakan oleh para kawula muda. Dia percaya bahwa melalui program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, karyawan di Madura dapat diarahkan menuju masa tua yang lebih aman dan terjamin secara finansial.

"Melalui program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, kami berkomitmen untuk membantu pekerja di Madura mencapai kesejahteraan di masa tua dengan lebih mudah dan terjamin," pungkas Indriyatno. 


Topik

Peristiwa BPJS Ketenagakerjaan BPJAMSOSTEK Madura Jaminan Pensiun



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri