Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Mengenal Risiko Investasi Emas Antam yang Harganya Anjlok di Bulan April 2024

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

24 - Apr - 2024, 10:53

Placeholder
Ilustrasi Emas. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Membeli emas batangan adalah investasi yang cukup diminati banyak orang. Alasan utamanya, harga emas cenderung terus mengalami kenaikan sehingga bisa mengimbangi inflasi. 

Emas batangan yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah emas Antam. Apa itu emas Antam? 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Dilansir dari berbagai sumber, emas Antam adalah emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Perusahaan ini sebelumnya merupakan BUMN tambang dan kini menjadi anak usaha PT Inalum (Persero) atau MIND ID. 

Meski ada beberapa jenis emas batangan dari berbagai perusahaan yang beredar di Indonesia, emas Antam adalah produk emas 24 karat yang paling populer di Indonesia.

Terbaru, perusahaan dengan kode emiten ANTM di Bursa Efek Indonesia ini memproduksi emas batangan yang dilengkapi dengan sertifikat yang menyatu dengan kemasannya. Hal ini bertujuan agar emas Antam tidak mudah dipalsukan.

Sementara untuk emas Antam keluaran lama masih menggunakan sertifikat berupa kertas yang dilengkapi dengan ultra violet dan terpisah dari kemasannya. Setiap produk emas Antam juga dilengkapi dengan keterangan ukuran, berat, kadar kemurnian, dan nomor seri. 

Produk emas Antam adalah terdiri dari dari berbagai ukuran yakni mulai dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat hingga 1.000 gram alias 1 kilogram. Emas Antam adalah emas bersertifikat LBMA. 

Selain itu, emas Antam adalah salah satu produk logam mulia yang telah diakui oleh London Bullion Market Association (LBMA), sehingga emas Antam artinya bisa dijual di luar Indonesia dengan berpatokan pada harga LBMA.

Setiap produk dengan sertifikat LBMA adalah emas batangan dengan standar kemurnian minimal 99,5 persen. Antam sendiri mulai memberlakukan akreditasi pada produk emas batangannya sejak tahun 1999. Dengan akreditasi LBM, maka produk emas Antam artinya adalah emas berstandar internasional, memiliki jaminan kualitas mutu kadar yang tepat dan terpercaya, menaati asas kepatuhan hukum yang berlaku sehingga bebas dari pencucian uang, pendanaan terorisme, pelanggaran hak azasi manusia maupun sumber emas yang ilegal.

Pemurnian logam mulia yang telah terakreditasi LBMA menjamin dan mengakui atas kepastian berat dan ketepatan kadar kemurnian produk emas Antam Logam Mulia yang memiliki kadar kemurnian 99,99 persen sehingga memiliki nilai tinggi di pasar internasional. Akreditasi tersebut telah diperoleh emas Antam setelah melewati prosedur pengujian produk serta audit setiap tahunnya oleh LBMA.

Harga Emas Antam

Pada perdagangan hari ini, Rabu (24/4/2024) harga emas 24 karat Antam dan UBS mengalami penurunan di Pegadaian. Emas batangan termurah cetakan UBS ukuran 0,5 gram dibanderol Rp700.000 dan Antam berada di harga Rp731.000.  

Mengacu laman resmi Pegadaian, harga emas termurah cetakan UBS 0,5 gram dipatok seharga Rp700.000 mengalami penurunan Rp18.000 dari harga kemarin. Sementara harga emas Antam berukuran sama dipatok seharga Rp731.000 juga mengalami penurunan Rp10.000 dari harga kemarin. 

Berikutnya, untuk emas cetakan Antam berbobot 1 gram dihargai senilai Rp1.359.000, turun Rp18.000 dari harga sebelumnya. Sementara itu, emas cetakan UBS untuk ukuran yang sama berada di level Rp1.311.000 yang juga anjlok Rp33.000 dibanding harga kemarin.

Berikutnya, emas cetakan Antam berbobot 5 gram dihargai senilai Rp6.560.000, ambles hingga Rp103.000 pada perdagangan sebelumnya. Sementara itu, emas cetakan UBS ukuran yang sama dibanderol seharga Rp6.427.000, turun Rp198.000 dari harga sesi sebelumnya.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Blitar Bagi-Bagi Takjil Gratis dan Sosialisasi Program pada Bulan Ramadhan 2024

Adapun, Pegadaian juga menawarkan emas Antam berukuran 10 gram yang dapat ditebus seharga Rp13.269.000. Sementara itu emas UBS cetakan sama dibanderol seharga Rp13.180.000. 

Investor yang berminat memborong emas ukuran 100 gram yang ditawarkan Pegadaian maka perlu merogoh kocek Rp129.880.000 untuk cetakan Antam, dan Rp127.286.000 untuk cetakan UBS.

Lalu untuk emas ukuran terbesar yang ditawarkan Pegadaian adalah emas cetakan Antam 1.000 gram yang hari ini dibanderol sebesar Rp1.297.240.000, sedangkan cetakan UBS belum tersedia. 

Cara Membeli Emas Antam

Membeli Emas di Pegadaian 

Membeli Emas Antam di Pegadaian bisa dilakukan dengan datang ke outlet atau agen Pegadaian maupun secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa Anda download di Playstore atau Appstore. 

Kemudian, mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas dan melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor). Saldo emas yang ditabungkan dapat dicetak dalam bentuk emas batangan jenis Antam, UBS, Galeri 24, UBS Disney, Lotus Archi, dan Dinar dengan pilihan keping mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 500, dan 1.000 gram ataupun 1/4, 1/2, dan 1 Dinar.

Pembelian Langsung di Antam 

PT Antam Tbk menjual langsung emas produksinya melalui UBPP Logam Mulia yang lokasinya berada di Pulogadung, Jakarta Timur. Antam juga menyediakan penjualan emas Antam melalui jaringan Butik Antam yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air. Jika ingin membelinya secara online, Anda bisa langsung mengunjungi laman logammulia.com.

Pembelian Emas Melalui Marketplace 

Pembelian emas Antam adalah juga bisa dilakukan melalui marketplace. Saat ini banyak e-commerce yang menjual emas Antam secara langsung. Tentunya emas akan dikirimkan ke alamat pembeli setelah pembayaran dilakukan.


Topik

Ekonomi emas antam cara membeli emas antam risiko investasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri