Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Piala Asia U-23: Benamkan Australia, Indonesia Bertekad Kalahkan Yordania

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

19 - Apr - 2024, 06:45

Placeholder
Momen pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol (foto: PSSI)

JATIMTIMES - Timnas Indonesia berhasil menorehkan tiga poin perdana pada ajang Piala Asia U-23 Qatar grup A pada Kamis (18/4/2024) malam. Kemenangan diraih tim Merah Putih dari Australia berkat satu gol yang tercipta dari Komang Teguh.

Dari awal masuk lapangan di Abdullah bin Khalifa Stadium, kepercayaan diri Rizky Ridho cs tampak terlihat. Para pemain  ingin menunjukkan Indonesia mampu berbicara pada ajang sepak bola U-23 antar-negara di Asia tersebut.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Sejak peluit ditiup wasit Majed Al Shamrani, kedua tim langsung tampil menyerang. Australia mengandalkan penyerang berpostur jangkung Mohamed Toure untuk mendobrak pertahanan Indonesia. Beberapa kali, pemain kelahiran Guinea tersebut mengancam gawang Ernando Ari.

Sementara Indonesia tetap mengandalkan Marselino Ferdinan dan Rafael Struick untuk menggempur pertahanan Australia. Namun ketangguhan pertahanan Australia yang digalang Popovic dkk membuat gawang yang dijaga  Patrick Beach selamat dari kebobolan.

Memasuki menit ke-20, serangan demi serangan yang dilancarkan Australia cukup membahayakan gawang Indonesia. Tepatnya menit ke-23, wasit menunjuk titik putih karena handsball Komang Teguh setelah melihat video assistan referee (VAR).

Saat itu striker Australia Mohamed Toure melesakkan tendangan keras mengarah ke gawang Ernando Ari. Beruntung ada Komang Teguh yang menghadang sehingga bola tak sampai membahayakan. Tetapi setelah dilihat rekaman ulang, bola tendangan keras tersebut mengenai tangan Komang yang dianggap aktif menyentuh bola. Akibatnya, Komang pun terkena kartu kuning.

Mohamed Toure yang maju sebagai algojo tendangan penalti gagal menaklukkan kelihaian Ernando Ari. Kiper asal Persebaya tersebut mampu menepis tendangan keras  Toure yang mengarah ke sisi kiri gawang. Kegembiraan pemain, tim pelatih hingga ribuan penonton terpampang karena Garuda terhindar dari kebobolan.

Setelah itu, mental para pemain Indonesia terlihat naik. Beberapa kali pemain Australia menguasai bola, para pemain Indonesia pun  mudah merebut dan menguasai bola. Tak hanya itu. Witan Sulaeman cs juga langsung berinisiatif membangun serangan.

Tak ayal, pertahanan Australia pun kocar-kacir dengan aliran bola pendek ala Shin Tae-yong yang diperagakan para pemain Timnas Indonesia. Namun, lagi-lagi penyelesaian akhir masih menjadi kendala.

Potret perjuangan pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia (foto: PSSI)

Menuju akhir babak pertama, Indonesia mendapat kesempatan melalui tendangan sudut. Bola lambung dari Witan Sulaeman disambut heading dari Muhammad Ferrari yang kemudian menjadi bola liar. Nathan Tjoe-A-On mencoba menyambar bola liar tersebut dengan tendangan setengah voli namun tak sempurna.

Bola pun akhirnya melambung setinggi dada dan langsung disambut heading Komang Teguh yang berdiri bebas di depan gawang Australia. Gol tercipta untuk Timnas Indonesia tepat pada menit ke-45.

Tribun Abdullah bin Khalifa Stadium pun seakan bergoyang kala suporter Timnas Indonesia bersuka cita atas gol yang diciptakan Komang Teguh. Hal ini juga menjadi momen bagaimana antusiasme penonton Timnas Indonesia saat ini meningkat meski bermain di luar negeri.

Baca Juga : Jelang Porprov IX Jatim 2025, Disporapar Kota Malang Ajukan 39 Venue

Memasuki babak kedua, Australia mencoba menaikkan intensitas serangan. Ancaman langsung diberikan kepada Indonesia pada menit ke-53. Saat itu Mohamed Toure menyambar umpan tarik dari Velupillay. Beruntung Ernando sigap untuk menghalau bola.

Peluang untuk Australia pada menit ke-65. Toure membawa bola di kanan dan mengirim umpan ke Jake Hollman yang berlari bebas. Namun Hollman tak mampu menyambar bola dengan sempurna.

Pada menit ke-75 lagi-lagi Indonesia digempur oleh Australia yang ingin menyamakan kedudukan.  Toure yang masih penasaran dengan kepiawaian Ernando Ari mencoba menyambar bola liar di depan kotak penalti. Beruntung bola melesat ke atas gawang.

Ernando Ari pada pertandingan melawan Australia ini memang membuktikan diri bahwa ia memang layak menjadi penjaga gawang nomor satu di Indonesia. Buktinya, tendangan keras Lachlan Brook mampu ditepis oleh Ernando dan membuat gawang Timnas Indonesia masih aman.

Hingga peluit akhir ditiup tak ada lagi peluang berarti yang diciptakan kedua tim. Timnas Indonesia U-23 berhasil memperoleh kemenangan perdana pada ajang Piala Asia U-23 Qatar grup A.

Dengan hasil ini Timnas Indonesia sementara naik ke posisi dua di grup A dengan tiga poin dari dua laga. Sebelumnya, dalam.laga perdana, Indonesia dikalahkan Qatar. Sementara Australia berada di posisi terbawah. Qatar masih memimpin berbekal selisih satu gol atas Indonesia. Sementara Yordania di urutan ketiga.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Yordania pada lanjutan grup A Piala Asia U-23 Qatar pada Minggu (21/4/2024) mendatang. Indonesia bertekad mengalahkan Yordania agar lolos ke babak berikutnya.


Topik

Olahraga Piala Asia U-23 Timnas Indonesia Indonesia v Australia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy