Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Video Truk Meluncur Tanpa Sopir di Tol Kalikangkung, Ini 4 Cara Parkir Aman di Tanjakan atau Turunan

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

18 - Apr - 2024, 16:11

Placeholder
Truk yang berjalan tanpa supir di Tol Kalikangkung. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Video truk bermuatan alat pertanian viral karena berjalan tanpa sopir di KM 413 Tol Kalikangkung jalur B arah Jakarta viral di media sosial. Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram @lokerjateng.id terlihat truk tersebut beberapa kali membentur pembatas jalan.

Terlihat satu orang yang diduga sopir truk tersebut berlari mengejar sebelum akhirnya laju truk melambat setelah beberapa kali berbenturan dengan pembatasan jalan. Momen tersebut dimanfaatkan oleh orang tersebut untuk masuk ke dalam mobil hingga truk itu benar-benar berhenti.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

"Detik-detik truk meluncur tanpa sopir," kata akun tersebut dalam unggahannya, dikutip Kamis (18/4/2024). 

4 Cara Parkir Aman di Tanjakan atau Turunan

Dilansir dari AstraWorld, berikut 4 cara parkir aman di tanjakan atau turunan dengan aman. 

1. Aktifkan rem tangan

Pastikan rem tangan telah aktif dengan maksimal. Agar kendaraan tidak bergerak sedikit pun baik maju atau mundur. Pada posisi parkir menanjak atau pun menurun, usahakan menarik lebih kuat rem tangan (hand brake) karena rem tangan akan bekerja lebih ekstra untuk menahan roda agar tidak berputar.

2. Posisikan perseneling pada gigi satu atau di ā€˜Pā€™

Disarankan untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi gigi satu atau mundur untuk mobil bertransmisi manual. Sedangkan untuk mobil bertransmisi otomatis posisikan stik transmisi pada posisi ā€˜Pā€™. Kedua posisi ini sangat disarankan ketika mobil diparkir di tanjakan atau turunan. Agar roda yang bertugas sebagai penggerak akan terkunci.

3. Posisikan roda depan ke sisi kiri atau kanan

Baca Juga : Viral Pria di Pasuruan Dikunci di Dalam Minimarket, Ini Tanggapan Netizen

Ketika parkir di tanjakan, putar roda depan hingga sisi bagian belakang salah satu roda depan menyentuh trotoar atau bidang yang lebih tinggi dari jalan. Agar ketika hal buruk terjadi, yaitu kendaraan Anda berjalan turun tiba-tiba ke arah yang lebih rendah, posisi ban tadi menjaga kendaraan Anda tidak bergerak karena ditahan oleh trotoar tersebut.

4. Ganjal roda depan dengan balok atau batu bata

Jika lokasi parkir sangat terjal dan licin, tambahkan dengan ganjalan pada bagian roda depan dan belakang secara menyilang. Misalkan roda yang diganjal adalah roda bagian depan kiri dan bagian roda belakang kanan agar posisi parkir mobil lebih kuat dan aman.


Topik

Peristiwa tips parkir aman parkir aman di tanjakan turunan berita viral



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana