Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Kisah di Balik Turunnya Surat Al Hujurat Ayat 12

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

18 - Apr - 2024, 11:04

Placeholder
Ilustrasi ghibah. (pixabay)

JATIMTIMES - Ghibah atau bergunjing membicarakan keburukan orang lain menjadi hal yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, ghibah tidaklah disukai oleh Allah SWT. Hal itu pun telah ditegaskan Allah SWT melalui surat dalam Al-Quran, yakni Surat Al Hujurat Ayat 12. 

Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa orang yang berghibah sama halnya dengan memakan daging bangkai saudaranya sendiri.

Baca Juga : Mafest Vol.3 di Malang Gagal Digelar, Pembeli Tiket Minta Kejelasan Refund

"Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang" (QS Al Hujurat 12).

Turunnya Surah Al Hujurat Ayat 12 ini bermula atas dua sahabat Rasulullah SAW yang membicarakan keburukan temannya hingga kemudian Rasulullah SAW mengetahui dan langsung menegur sahabat tersebut.

Dua sahabat tersebut membicarakan temannya bermula dari habisnya perbekalan yang dimiliki. Karena bekal yang habis, akhirnya membuat kedua sahabat tersebut menjadi kelaparan. 

Setelah itu, keduanya mendatangisalah seorang sahabat bernama Salman Al Farisi. Keduanya berharap Salman  memiliki makanan untuk mengatasi rasa lapar mereka. 

Namun, apa yang diharapkan oleh kedua sahabat ini tidak sesuai. Salman al Farisi saat itu tidak memiliki makanan.

Kemudian Rasulullah SAW meminta Salman untuk mendatangi sahabat yang lain, yakni Usamah bin Zaid, untuk berbagi makanan kepada sahabatnya yang kelaparan. Namun, Usamah saat itu juga tidak memiliki makanan.

Salman kemudian kembali mendatangi kedua sahabat yang meminta makanan sebelumnya. 
Salman pun mengatakan bahwa ia telah mendatangi Usamah untuk meminta sedikit makanan. Sama dengan Salman, Usamah juga tidak memiliki makanan. 

Mendengar ucapan Salman, kedua sahabat tersebut kemudian berkata, "Sesungguhnya sahabat Usamah itu mempunyai sesuatu, tapi dia kikir." 

Kemudian kedua sahabat itu meminta Salman untuk mendatangi sahabat lainnya dengan tujuan yang sama, yakni  meminta sedikit makanan.

Baca Juga : Konsumsi BBM Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran di Malang Raya Capai 1.581 Kilo Liter

Setelah Salman pergi, kedua sahabat ini kemudian memata-matai Usamah untuk memastikan apakah memang Usamah tidak mempunyai makanan yang bisa diberikan kepada mereka. 

Ketidakyakinan kedua sahabat, ditambah prasangka buruk bahwa Usamah merupakan orang yang kikir, membuat  kedua sahabat kemudian secara diam-diam memata-matai Usamah.

Apa yang dilakukan kedua sahabat ini diketahui Rasulullah SAW. Rasulullah pun langsung menegur keduanya atas tindakan buruk yang dilakukan. Rasulullah kemudian berkata, "Maka aku melihat daging segar di mulut kalian berdua?".

Kedua sahabat kemudian berkata kepada Rasulullah,  "Wahai nabi Allah SWT, demi Allah SWT hari ini kami berdua tidak makan daging atau lainnya". Rasulullah kemudian langsung menimpali mereka perkataan kedua sahabat, dan berkata, "Tapi kalian memakan daging Usamah dan Salman."

Kedua sahabat tersebut kemudian baru menyadari apa yang dilakukannya merupakan hal yang buruk. Tak lama setelah itu, turunlah Surat Al Hujurat Ayat 12.

Berikut bacaan latin Surat Al Hujurat Ayat 12, "Ya ayyuhal-lazina amanujtanib┬Á kasiram minaz-zaann(i), inna ba'daz-zaanni ismuw wa la tajassasu wa la yagtab ba'dukum ba'da(n), ayuhibbu ahadukum ay ya'kula lahma akhihi maitan fa karihtumuh(u), wattaqullah(a), innallaha tawwabur rahim(un)".


Topik

Agama Ghibah bergunjing Surat Al Hujurat Ayat 12 kajian Islam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy