Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Dishub Mau Buka Koridor Baru Trans Jatim, DPRD Beri Catatan Berikut Ini

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Yunan Helmy

18 - Apr - 2024, 07:46

Placeholder
Trans Jatim bakal membuka layanan koridor baru tahun ini.

JATIMTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim) berencana membuka dua koridor baru bus Trans Jatim, yakni koridor IV Gresik-Lamongan dan koridor V Surabaya-Bangkalan. Rencana tersebut mendapat perhatian DPRD Jatim.

Anggota Komisi C DPRD Jatim Mahhud mengaku setuju dan mendukung rencana tersebut. Kendati demikian, khusus untuk koridor V Surabaya-Bangkalan, dia menilai target Dishub Jatim terkesan terburu-buru. Menurut dia, tempat pemberhentian bus di Bangkalan masih belum representatif dan memiliki fasilitas yang mewadahi.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

“Di Bangkalan itu sudah ada dan sudah dibangun terminal tipe A. Tapi justru itu malah mangkrak dan tidak terawat,” ungkap Cak Mahhud, sapaan akrabnya, Kamis (18/4/2024).

Padahal,  terminal tipe A Bangkalan tersebut letaknya sangat strategis karena dekat dengan Jembatan Suramadu. Sehingga sangat pas untuk mengakomodasi transportasi umum seperti Trans Jatim.

“Kita sudah berkali-kali minta kepada Dishub untuk melakukan pembenahan di terminal tipe A Bangkalan tersebut. Namun malah terkatung-katung selama beberapa tahun. Saya harap ada pembenahan barengan dengan target rencana operasional Trans Jatim ini,” imbuhnya.

Ia berharap, kehadiran koridor V Trans Jatim nantinya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin ke Bangkalan maupun sebaliknya. “Kehadiran Trans Jatim harus bisa mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi, ini dimaksudkan agar kemacetan juga bisa berkurang,” pungkas Mahhud.

Sementara, Ketua Komisi C DPRD Jatim Abdul Halim mendukung penuh adanya rencana realisasi Bus Trans Jatim koridor Surabaya-Bangkalan. Dia menjelaskan, adanya koridor tersebut juga tak lepas dari usulannya. Saat hearing pada 15 Mei 2023 lalu, ia mengaku mengusulkan agar terdapat layanan Trans Jatim koridor V Surabaya-Bangkalan.

Baca Juga : Gerakan ASN Berbelanja Sukses Dorong Perekonomian dan Berdayakan UMKM di Kota Blitar Jelang Lebaran

"Jadi, saat hearing, Dishub Jatim menyampaikan rencana layanan koridor IV dengan rute Terminal Bunder Gresik ke Terminal Paciran Lamongan. Nah saat itu saya menyampaikan nanti yang koridor V Surabaya-Bangkalan. Alhamdulillah ternyata usulan saya disetujui dan direalisasikan tahun ini," katanya.

Halim menambahkan dengan adanya bus Trans Jatim koridor V, pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Bangkalan melalui sektor wisata bisa meningkat.

"Bangkalan memiliki banyak destinasi wisata religi, sejarah maupun kuliner. Ada makam Syaikhona Kholil, makam Aermata Ebu, Bukit Geger, dan juga kuliner Bangkalan. Apalagi tidak lama lagi ada peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan Islam terbesar di Indonesia," terangnya.


Topik

Transportasi bus Trans Jatim DPRD Jatim transportasi Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Yunan Helmy