Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Ning Umi Laila Sindir Rhoma Irama, Buya Yahya Berikan 7 Tips Didik Anak agar Pintar dan Tidak Nakal hingga Dewasa

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

18 - Apr - 2024, 06:45

Placeholder
Buya Yahya Al-Bahjah. (foto dari Al Bahjah TV)

JATIMTIMES - Cara mendidik anak oleh orang tua saat ini tengah menjadi sorotan. Hal itu menyusul viralnya potongan video ceramah Ning Umi Laila yang menyindir Raja Dangdut Rhoma Irama soal mendidik anaknya. 

Dalam ceramahnya, Ning Umi Laila menyebut Rhoma yang getol menyuarakan nilai-nilai Islami seperti anti-narkoba lewat lagu masih kecolongan karena aalah satu anaknya terjerat kasus narkoba.

Baca Juga : Grebek Kupat, Tumpeng Ketupat Raksasa Ludes Jadi Rebutan Warga di Alun-alun Kota Batu

Terkait cara mendidik anak, KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahya membagikan tips mendidik anak sehingga anak tidak nakal dan menjadi pintar hingga dewasa. 

Dalam sebuah kajian dakwahnya, salah seorang jemaah awalnya bertanya kepada Buya Yahya tentang bagaimana cara mendidik anak agar tidak nakal dan menjadi pintar.

“Assalamu’alaikum wr wb. Buya saya mau bertanya, saya mempunyai seorang putra yang sangat nakal dan kalau belajar sangat malas. Bagaimana caranya agar anak saya tidak nakal, tidak malas dan menjadi anak yang pintar?” tanya salah seorang jemaah pengajian kepada Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al-bahjah TV. 

Menjawab pertanyaan itu, Buya Yahya lantas membagikan tujuh tips agar anak tidak malas dan pintar hingga dewasa.  Pertama, Buya Yahya menyarankan agar orang tua wajib memohon kepada Allah SWT karena Allah merupakan tempat memohon seorang hamba. "Pertama, memohon kepada Allah SWT," jawab Buya Yahya.

Cara kedua, masukkan anak ke dalam lingkungan yang agamanya kental. "Kedua, masukkan kepada lingkungan yang baik dan agamis, seperti majelis taklim dan acara-acara keagamaan" sambung Buya Yahya.

Cara ketiga, Buya Yahya menekankan agar orang tua bisa menjadi contoh bagi anaknya. Apa yang orang tua lakukan memiliki kemungkinan besar diduplikat anak.

Orang tua seharusnya bisa memilah mana saja tindakan yang pantas dilakukan di depan anak. Bukan tidak mungkan perilaku kurang baik yang dilakukan orang tua, suatu saat akan dilakukan oleh anak. Bahkan bisa dikatakan anak adalah cermin orang tua yang sebenarnya.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Banyuwangi Temukan Korban yang Hanyut Saat Mandi di Kali Setail

"Jadilah orang tua yang bisa jadi suri tauladan bagi anak karena seorang anak akan mudah meniru orang tua," imbuh Buya Yahya.

Cara keempat, Buya Yahya menganjurkan agar orang tua sering melibatkan anak untuk selalu berkomunikasi dalam hal positif. "Sering ajak bicara dalam hal positif dengan cara yang menjadikan anak merasa dianggap," kata Buya Yahya.

Lali cara kelima adalah hukumlah kesalahan anak dengan cara yang lebih lembut terlebih dahulu sebelum ada hukuman yang keras.

Keenam, Buya Yahya mengatakan ubahlah cara marah Anda kepada anak. Dari misalnya memukul dan membentak dengan memeluk dan mencium sambil membisikkan kesalahan di telinganya.

Setelah melakukan enam tips tersebut dengan maksimal, terakhir Buya Yahya menyarakan agar orang tua berserah diri kepada Allah. "Ketujuh, serahkan kepada Allah Yang Maha Kuasa setelah Anda berusaha dengan maksimal. Wallahu a’lam bish-shawab," pungkas Buya Yahya.


Topik

Serba Serbi Buya Yahya mendidik anak anak anak tidak nakal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy