Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hiburan, Seni dan Budaya

Kesaksian Penari Seblang Olehsari, Dapat Petunjuk Leluhur dan Ikhlas Kerasukan Saat Prosesi Ritual

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Nurlayla Ratri

16 - Apr - 2024, 19:32

Placeholder
Penari Ritual Adat Seblang Olehsari saat tampil di hadapan pengunjung yang menyaksikan di desa Olehsari Kecamatan Glagah Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES - Libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Banyuwangi akan mendapatkan banyak pilihan wisata alam dan religi disuguhkan. Salah satunya adalah kegiatan ritual adat dan tradisi Seblang Olehsari di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. 

Ritual adat yang sakral dan penuh nuansa mistis ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat desa setempat. Sang penari Seblang Olehsari merupakan keturunan atau anak cucunya yang terpilih dari para pendahulunya. 

Baca Juga : Pasca Libur Panjang Lebaran, UIN Maliki Malang Kuatkan Persaudaraan dan Semangat Kerja Lewat Momen Halal Bihalal 

Ritual Seblang Olehsari ini dijadwalkan digelar selama tujuh hari dan dimulai Senin (15/04/2024) kemarin. Selain untuk melakukan ritual bersih desa yang merupakan ungkapan rasa syukur warga, prosesi ini sekaligus diyakini sebagai tolak bala.

Warga desa setiap tahun gotong royong untuk melaksanakan ritual Seblang, tentunya dengan dukungan dari para pemangku kepentingan di Banyuwangi. Pelaksanaan ritual Seblang Olehsari mampu memikat warga lokasl maupun para pengunjung luar daerah yang kebetulan berlibur di kota ujung timur Pulau Jawa ini. 

Tradisi Seblang Olehsari merupakan ritual kuno yang rutin dilaksanakan masyarakat Desa Olehsari sejak jaman leluhur mereka. Ritual ini dilaksanakan pada awal bulan Syawal setiap tahunnya.

Penari Seblang di Desa Olehsari merupakan remaja putri dipilih secara supranatural dari keturunan para penari sebelumnya. Ritual Tari Seblang melalui proses trance di mana tubuh penari dirasuki energi spiritual leluhurnya. 

Sang Penari Seblang Olehsari tahun ini adalah remaja putri bernama Dwi Putri Ramadani asal Desa Glagah yang juga merupakan penari ritual adat pada tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaan tahun ini, remaja berusia 20 tahun ini mampu membawakan tarian adat dengan lincah dan khitmad.

"Saya ikhlas ditunjuk menjadi penari Seblang, karena ini merupakan petunjuk dari leluhur saya," ungkap Putri. 

Baca Juga : Ini Kesaksian Tentara Belanda yang Kagum terhadap Pejuang Indonesia 

Dalam kondisi raga Putri yang keadaan tidak sadar atau trance, dia menari dengan lincah mengikuti irama gamelan tradisional dan beberapa gendhing yang menjadi pengiring tarian khas Seblang Olehsari. 

Menurut Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi Taufik Rohman, pihaknya mengaku bersyukur karena dalam pelaksanaan Ritual Adat Seblang Olehsari tahun ini diberikan kelancaran dan kemudahan tanpa halangan apapun. 

"Saya sangat bersyukur Ritual Adat Seblang Olehsari diberikan kelancaran dari tahun ke tahun. Prosesi ritual adat yang begitu sakral ini dapat disaksikan masyarakat secara luas baik warga lokal maupun luar daerah,” ujar Taufik. 

Bagi warga Banyuwangi maupun para pengunjung (wisatawan) yang ingin menikmati sajian tarias magis masyarakat Osing khususnya yang ada di Desa Olehsari bisa datang dan menyaksikan Ritual Adat Seblang Olehsari pada 15 - 21 April 2023 mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Banyuwangi tradisi seblang seblang olehsari



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Nurlayla Ratri