Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

5 Daerah di Indonesia dengan Gaji Paling Minus untuk Kehidupan Sehari-Hari 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Apr - 2024, 18:18

Placeholder
Tugu Jogja, sebagai salah satu ikon kota wisata tersebut. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Meskipun Indonesia memiliki beragam potensi ekonomi di berbagai daerah, tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada daerah-daerah di negara ini yang menghadapi tantangan ekonomi yang berat. 

Setidaknya ada beberapa daerah di Indonesia yang gajinya minus untuk memenuhi kehidupan sehari-hari sehingga membuat hidupnya menjadi lebih sulit. Berikut ini 5 daerah di Indonesia dengan gaji minus untuk kehidupan sehari-hari, melansir konten Instagram Vina Maulina, berdasarkan riset Kompas. 

1. Yogyakarta

Baca Juga : Inflasi 3,04 Persen, Pj Gubernur Adhy Sebut Harga Bahan Pokok Selama Ramadan dan Lebaran Terkendali

Hasil riset Kompas gaji rata-rata di Jogja Rp 2,66 juta per bulan. Sementara pengeluaran perbulan itu sampai Rp 3,17 juta rupiah. Pekerja muda di Jogja minus gajinya sampai Rp 520 ribu per-orang, perbulan. 

2. Bengkulu

Rata-rata gaji warga kelas menengah di Bengkulu minus Rp65.000 per-orang, per bulan. Anak muda di sana harus mengandalkan pemasukan lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

3. Riau 

Buat hidup sehari-hari aja gaji kelas menengah di Rau minus Rp 51 ribu per-orang, per-bulannya. 

4. Sumatera Barat 

Baca Juga : Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Diduga Adopsi Bayi Perempuan, Begini Syarat untuk Mengangkat Anak

Dari hasil riset kompas, rata-rata gaji anak muda di Sumatera Barat ini defisit Rp 49 ribu perbulan. 

5. Gorontalo 

Kalau dibandingkan gaji dengan pengeluaran sebulan di Gorontalo itu minus Rp 36 ribu per orang, perbulan. Ini karena harga kebutuhan pokok yang cukup tinggi, jadi buat hidup sehari-hari ngepas banget. 

Demikian 5 daerah di Indonesia yang gajinya minus untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Gimana tertarik bekerja di 5 daerah di atas?


Topik

Ekonomi Pendapatan pendapatan ekonomi gaji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni