Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Terlibat Kontroversi dengan Indonesia di Qatar, Nasrullo Kabirov Trending X

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

16 - Apr - 2024, 12:59

Placeholder
Nama wasit Nasrullo Kabirov Trending X. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Nama wasit Nasrullo Kabirov menjadi perbincangan publik usai hingga trending X pada Selasa, (16/4/2024). Perbincangan tersebut menyusul beberapa keputusan kontroversial pada laga kontra Qatar U-23.

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Qatar U-23 0-2 pada laga pembuka Grup A Piala Asia U-23 di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (16/4/2024).

Baca Juga : Profil Nasrullo Kabirov, Wasit FIFA asal Tajikistan yang Pimpin Laga Timnas Indonesia U23 vs Qatar

Dua gol Qatar U-23 ke gawang Timnas Indonesia U-23 dicetak masing-masing lewat penalti Khalid Ali Sabah (45+1') dan tendangan bebas Ahmed Al Rawi (54').

Pada pertandingan tersebut, terdapat beberapa keputusan kontroversial dari wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov yang merugikan Ivar Jener dan kawan-kawan.

Salah satunya adalah kartu merah yang diterima Ivar Jenner pada menit ke-46 setelah dianggap melanggar pemain Qatar U-23. Padahal, dalam tayangan ulang pemain FC Utrecht U-23 tidak menyentuh lutut lawan. 

Selain itu, keputusan kontroversial Nasrullo Kabirov adalah ketika memberikan penalti untuk Qatar U-23 karena bek Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho dianggap melakukan pelanggaran.

Padahal dalam tayangan ulang, bek Persija Jakarta itu tidak mencoba menahan laju pemain Qatar U-23 sebelum terjatuh. Wasit pun sempat mengecek VAR, tetapi tidak mengubah keputusannya.

Kejanggalan yang terjadi pada laga ini membuat netizen Indonesia mengamuk di akun Instagram resmi Federasi Sepak Bola Tajikistan (FFT) @fft_official. Mereka menumpahkan amarahnya melihat kepemimpinan Nasrullo Kabirov.

"Wasit anda menodai keadilan sebuah pertandingan, Alloh akan membalasnya suatu saat nanti!," tulis akun Instagram @teguhhartanto21.

"Pecat wasit mu untuk keindahan sepak bola dan keindahan, " Tulis akun @zeinbross.

"Wasitt tarkam gausah di pakai di pertandingan FIFA, " Ucap akun @waawaaaan__.

Shin Tae-yong Kecewa 

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong juga meluapkan kekecewaannya atas kinerja wasit Nasrullo Kabirov yang dinilai banyak merugikan skuad Garuda.

Menurutnya, pada laga tersebut, sebetulnya Indonesia mampu mengimbangi permainan dan menahan serangan Qatar.

Baca Juga : Kecewa Atas Drama Qatar, Ivar Jenner Unggah Emoji Badut 

“Selamat untuk Qatar. Para pemain sudah berusaha menampilkan permainan yang terbaik, apalagi kita kalah jumlah pemain dan tidak mudah menyerah,” kata STY usai pertandingan.

“Tetapi banyak keputusan wasit di sepanjang pertandingan, kalau kalian melihatnya, itu bukan pertandingan sepak bola, ini sebuah pertunjukan komedi dan sangat berlebihan,” sambung pelatih asal Korea Selatan itu.

Susunan Pemain 

Timnas Indonesia U-23: 21-Ernando Ari; 2-Rio Fahmi, 3-Muhammad Ferarri, 4-Komang Teguh, 5-Rizky Ridho, 12-Pratama Arhan; 16-Arkhan Fikri, 6-Ivar Jenner, 7-Marselino Ferdinan, 8-Witan Sulaeman, 11-Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Qatar U-23: 1-Youssef Abdullah; 3-Saif Eldeen Hassan, 4-Mohammed Alash, 5-Hashmi Al Hussain, 6-Mostafa Meshaal, 8-Naif Al Hamdrami, 10-Khaled Ali, 11-Abdullah Al Yazidi, 14-Mahdi Salem, 15-Jassem Gaber, 19-Ahmed Al Rawi. 

 


Topik

Peristiwa Nasrullo Kabirov wasit viva piala dunia piala asia timnas indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya