Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

10 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

14 - Apr - 2024, 09:54

Placeholder
Jus buah alpukat. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Alpukat menjadi salah satu buah yang mudah didapat. Kulit buah ini berwarna hijau gelap hingga hitam dan dagingnya berwarna kuning hingga hijau pucat. Buah ini memiliki tekstur yang lembut sehingga memiliki rasa creamy dan lezat karena mengandung banyak nutrisi.

Alpukat mengandung lemak sehat, seperti asam lemak tak jenuh dan omega 3, yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung banyak serat, vitamin, kalium, dan magnesium.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pantai di Malang yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024

Oleh sebagian besar orang, buah alpukat sering dikonsumsi dalam berbagai masakan dan hidangan seperti jus, salad, sandwitch, dan smoothie. Tidak hanya itu, alpukat juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Bagi sebagian orang, alpukat dikonsumsi untuk diet karena mengandung banyak serat yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Vitamin, lemak sehat, dan mineral serta kalium yang terdapat dalam alpukat dapat membantu mencegah beberapa penyakit seperti kanker, artritis, depresi, dan bahkan mencegah peradangan.

Ada beberapa manfaat alpukat yang belum diketahui oleh banyak orang. Merangkum dari Medical News Today, berikut beragam manfaat buah alpukat untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Buah alpukat adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Mereka mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin K, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, folat, kalium, dan riboflavin. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, kulit, sistem imun, dan fungsi seluruh tubuh.

2. Mengandung Lemak Sehat

Alpukat mengandung jenis lemak sehat yang dikenal sebagai lemak tak jenuh tunggal, terutama asam oleat. Lemak ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan kalium yang tinggi membantu menjaga tekanan darah yang sehat, sementara lemak sehatnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

4. Menyediakan Serat yang Tinggi

Alpukat adalah sumber serat yang baik. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat, mengurangi risiko sembelit, dan menjaga berat badan yang seimbang. Serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

5. Mendukung Penglihatan yang Sehat

Alpukat mengandung lutein dan zeaksantin, dua senyawa yang penting untuk kesehatan mata. Kedua senyawa ini dapat melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Baca Juga : Bukan Salmon, Ini 4 Ikan Paling Sehat untuk Dikonsumsi

Meskipun mengandung lemak yang sehat, alpukat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, lemak dalam alpukat memberikan rasa kenyang yang berkepanjangan.

7. Antiinflamasi Alami

Alpukat mengandung senyawa antiinflamasi, seperti fitosterol dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat mengurangi risiko penyakit kronis yang terkait dengan peradangan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan arthritis.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan folat dalam alpukat sangat penting untuk perkembangan otak yang sehat, terutama pada masa kehamilan. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal dapat mendukung kesehatan otak dan memperbaiki fungsi kognitif.

9. Merawat Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin E dan C dalam alpukat membuatnya bermanfaat untuk kulit dan rambut yang sehat. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sedangkan vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen yang diperlukan untuk kulit dan rambut yang sehat.

10. Menyediakan Energi Berkelanjutan

Alpukat adalah sumber energi yang baik berkat kandungan lemak dan karbohidratnya yang seimbang. Lemak tak jenuh tunggalnya memberikan energi yang bertahan lama, membuat Anda merasa kenyang dan bertenaga sepanjang hari.

Dengan manfaat kesehatan yang beragam ini, tidak mengherankan jika buah alpukat semakin populer dalam makanan sehari-hari. Namun, seperti halnya semua makanan, konsumsilah alpukat dengan bijak sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

Jangan ragu untuk menambahkannya ke dalam salad, smoothie, atau bahkan sebagai pengganti mentega di roti panggang Anda untuk memanfaatkan semua manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh buah alpukat yang lezat ini.


Topik

Kesehatan alpukat kandungan alpukat manfaat alpukat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya