Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

10 Tips Mudik Balik Aman dan Nyaman Naik Kapal Laut 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Apr - 2024, 11:22

Placeholder
Ilustrasi mudik dengan moda transportasi kapal laut. (Foto: Bisnis Today)

JATIMTIMES - Mudik balik ke kota perantauan setelah lebaran kerap punya tantagan tersendiri. Apalagi, jika membawa banyak barang atau oleh-oleh. Salah satu moda transportasi yang menjadi pilihan favorit pemudik yaitu kapal laut. 

Agar perjalanan mudik kamu naik kapal laut lancar, aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips untuk mudik aman dan nyaman naik kapal laut, melansir 

1. Periksa Jadwal dan Tiket

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Pastikan untuk memeriksa jadwal keberangkatan kapal laut dan memesan tiket kamu dengan cukup waktu agar tidak kehabisan tempat.

2. Datang Lebih Awal

Usahakan untuk tiba di pelabuhan lebih awal untuk menghindari antrian panjang dan memastikan kamu tidak ketinggalan kapal.

3. Packing dengan Bijak

Bawa perlengkapan dan barang bawaan yang cukup untuk perjalanan kamu. Selalu siapkan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan perjalanan laut yang mungkin berangin.

4. Periksa Cuaca

Pastikan untuk memeriksa perkiraan cuaca sebelum berangkat, terutama jika kamu akan melakukan perjalanan di musim hujan atau musim angin kencang.

5. Perhatikan Keamanan

Ikuti petunjuk keselamatan yang diberikan oleh awak kapal dan selalu perhatikan lokasi pelampung dan peralatan keselamatan lainnya.

6. Hindari Mabuk Laut

Jika kamu rentan terhadap mabuk laut, pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan ringan sebelum perjalanan dan duduk di dek atas kapal untuk mendapatkan udara segar.

7. Jaga Kebersihan

Baca Juga : Siapa Pengisi Kursi Pimpinan DPRD Kabupaten Malang? PKB: Tunggu Instruksi DPP

Pastikan untuk menjaga kebersihan di sekitar kamu dan membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga lingkungan kapal tetap bersih dan aman.

8. Bawa Obat-obatan Penting

Bawa obat-obatan yang mungkin kamu perlukan selama perjalanan, seperti obat anti-mabuk laut atau obat-obatan lainnya yang direkomendasikan dokter.

9. Berhati-hati dengan Barang Bawaan Berharga 

Jangan biarkan barang berharga kamu tidak diawasi. Pastikan untuk menyimpannya dengan aman dan tidak meninggalkannya di tempat umum.

10. Beristirahat dengan Cukup

Cobalah untuk istirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menikmati perjalanan laut dengan nyaman dan tanpa kelelahan yang berlebihan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat melakukan perjalanan mudik balik dengan aman dan nyaman naik kapal laut. Selamat kembali ke perantauan, tetap hati-hati di perjalanan ya!


Topik

Transportasi mudik balik kapal laut



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri