Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Selebriti

Sosok Zara, Anak Ridwan Kamil yang Jadi Sorotan usai Memutuskan Lepas Hijab 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

06 - Apr - 2024, 19:33

Placeholder
Camillia Laetitia Azzahra atau akrab disapa Zara, anak kedua politisi Ridwan Kamil dan Atalia. (Foto: Instagram @camiliazr)

JATIMTIMES - Belakangan ini nama Camillia Laetitia Azzahra atau akrab disapa Zara, anak kedua mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Atalia, tengah menjadi sorotan. Hal ini terjadi setelah Zara, melalui akun Instagramnya @camiliazr, mengumumkan bahwa dirinya akan melepas hijab. 

Menurut Zara, keputusan ini ia ambil tanpa terburu-buru. Pasalnya, ia telah mempertimbangkan banyak hal dan berdiskusi dengan keluarga.

Baca Juga : Jatah Kursi DPRD Kabupaten Malang Menyusut, PKB Bertekad Rebut Kembali di Pemilu 2029

Dalam penjelasannya, Zara mengatakan bahwa keinginannya melepas hijab muncul lantaran dirinya ingin melakukan perjalanan religi terlebih dahulu sebelum mantap berhijab kembali.

"Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Izinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," ungkapnya.

Perempuan yang kini menetap di Inggris ini juga menjelaskan bila syariat agama sebaiknya dilakukan dari hati dan bukan sekadar dari penampilan saja.

Zara pun meminta agar warganet tidak menyalahkan kedua orang tuanya, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, atas keputusannya melepas hijab. Pasalnya, Zara merasa selama ini kedua politisi itu telah mendidiknya dengan baik.

Dirinya terus menekankan keputusan melepas hijab ini merupakan keinginan pribadinya dan tidak ingin dikaitkan dengan kedua orang tuanya.

"Jangan menyalahkan orang tuaku. Mereka mendidik aku untuk menjadi perempuan cerdas, berkarakter dan beragama, dan ini semua adalah pilihanku sendiri," tegasnya.

Lebih jauh, Zara juga mempersilakan pengikutnya untuk berhenti mengikuti dirinya bila tidak menyukai keputusannya ini. Bahkan ia juga rela melepas kerja sama dengan brand yang merasa tidak lagi sejalan dengannya.

Di akhir, ia berharap agar Ramadan tahun ini menjadi awal yang baru bagi semua orang, termasuk dirinya sendiri.

Hingga Sabtu (6/4), kata kunci "zara anak ridwan kamil" masih menjadi trending dalam penelusuran Google. Banyak warganet yang penasaran dengan sosok putri Ridwan Kamil dan Atalia tersebut. 

Zara adalah perempuan kelahiran Bandung, Jawa Barat, pada 17 Agustus 2004, sehingga kini berusia 19 tahun. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Emmeril Kahn Mumtadz yang meninggal dunia akibat terseret arus Sungai Aaree di Swiss pada 26 Mei 2022 lalu. Selain itu, Zara punya seorang adik bernama Arkana Aidan Misbach.

Ketika usianya  masih 13 tahun, Zara pernah mengikuti ajang bakat menyanyi, The Voice Kids Indonesia. Ajang yang berlangsung tahun 2018 itu dinilai oleh juri penyanyi papan atas seperti Agnez Mo, Marchel, dan Kaka Slank.

Baca Juga : Asal-Usul Tradisi Salam Tempel yang Identik dengan Lebaran di Indonesia

Zara membawakan lagu berjudul Bimbang yang diciptakan oleh Melly Goeslaw. Saat tampil, Zara ditemani oleh kedua orang tuanya yang menonton dari belakang panggung.

Zara sebelumnya mendaftarkan diri secara diam-diam dalam ajang itu tanpa sepengetahuan orang tuanya hingga dia dinyatakan lulus audisi untuk tampil di Jakarta. Namun setelah penampilannya itu, dia tidak dapat melanjutkan ke babak selanjutnya karena tidak dipilih oleh para juri.

Menariknya, Zara pernah jualan minuman thai tea di sekolahnya. Tidak gengsi, dia menjual minuman agar bisa membeli sendiri iPhone hasil jerih payahnya. Kala itu, Zara masih jadi anak baru yakni tingkatan pertama.

Dalam beberapa postingan di Instagram, Zara kerap membagikan beberapa kegiatan yang dia ikuti. Dia pernah ikut kegiatan seni budaya dan sastra bertajuk Gayapatri 2021 yang diselenggarakan di sekolahnya, yakni SMAN 3 Bandung. Kala itu dia berperan sebagai panitia yang menjadi pilar terlaksananya kegiatan tersebut.

Rekam jejak pendidikan Zara adalah bersekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Hikam tahun 2019 kemudian melanjutkan di SMA Negeri 3 Kota Bandung dan lulus tahun 2021.

Setelah itu Zara mengikuti jejak sang kakak untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Dia diterima di ITB dengan Jurusan Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan melalui jalur prestasi pada tahun 2022. Namun, kini Zara memutuskan untuk pindah ke Newcastle University di Inggris.

Hal ini sempat diungkap dalam postingan reels di akun Instagram Ridwan Kamil. Zara rupanya mengambil jurusan yang sama dengan ayahnya. Dia bahkan bercita-cita ingin jadi seorang arsitek seperti Ridwan Kamil.

Zara juga berbakat dalam melukis. Saat prosesi pemakaman Eril, Zara menarik perhatian ketika membawa sebuah lukisan bergambar kakaknya. 

Lukisan itu dia buat sendiri dan didedikasikan khusus untuk almarhum kakaknya. Lukisan bergaya khas Van Gogh itu berdasarkan foto yang Zara ambil saat dirinya dan Eril berada di toko dekat Gunung Toblerone, Switzerland.


Topik

Selebriti Zara Ridwan Kamil putri Ridwan Kamil lepas hijab



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy