Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Biar Tidak Habis Percuma, Ini 3 Cara Mengelola THR untuk Self Reward

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

05 - Apr - 2024, 09:48

Placeholder
Ilustrasi THR. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Setiap tahun, tunjangan hari raya (THR) sebagai bonus tambahan adalah hal yang dinanti-nantikan banyak orang. Bagaimana tidak, dalam satu kali pemberian THR seorang karyawan bisa mendapatkan hampir satu kali gaji pokok. Meskipun tidak sedikit karyawan yang mendapatkan THR di bawah satu kali gaji pokok, hal itu tergantung dari masa kerja dan kebijakan perusahaan.

Besarnya tunjangan yang didapat tersebut tidak jarang membuat beberapa orang ingin segera membelanjakannya. Konsumtif berkedok self reward seringkali menjadi alasan mengapa seseorang ingin membelanjakan uangnya khususnya uang THR.

Baca Juga : Asal-Usul Tradisi Salam Tempel yang Identik dengan Lebaran di Indonesia

Self reward merupakan penghargaan untuk diri sendiri sebagai tanda terima kasih atas sebuah pencapaian atau proses tertentu yang telah dilalui. Namun, self reward jangan sampai dijadikan dalih untuk berperilaku boros.

Oleh karena itu, kita perlu pintar-pintar mengelola keuangan untuk tujuan self reward ini. Agar THR kamu tidak habis sia-sia, berikut 3 tips mengelola uang THR untuk self reward yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

Buat List Keinginan

Biasanya, kita memiliki segudang keinginan untuk melakukan self reward. Banyaknya keinginan itu terkadang membuat kita kebingungan harus memilih yang mana. Apalagi, anggaran dari uang THR biasanya terbatas.

Jangan sampai terlalu impulsif mewujudkan keinginan dengan terbatasnya anggaran yang ada. Oleh karena itu, buatlah daftar yang jelas dari keinginan tersebut berdasarkan kategori dan prioritas yang ingin diwujudkan.

Buat Batas Anggaran Dana

Dari daftar keinginan yang sudah ada, jangan lupa untuk membuat anggaran dari THR yang didapat. Usahakan jangan menghabiskan keseluruhan uang THR. Namun, tetap perhatikan kebutuhan-kebutuhan pokok di hari raya.

Buatlah alokasi anggaran dari total uang THR dan penghasilan yang didapatkan. Pastikan anggaran yang sudah dirancang untuk self reward tidak mengganggu stabilitas finansial di kehidupan sehari-hari berikutnya.

Tetap Menabung

Baca Juga : Rekomendasi 5 Menu Khas Idul Fitri Lengkap Cara Membuatnya

Setelah mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan dan self reward, jangan lupa untuk tetap menabung atau berinvestasi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keuangan yang kita miliki. Lebih baik lagi, jika anggaran untuk self reward tidak melebihi tabungan atau investasi yang kita miliki. Dengan begitu, keinginan kita terhadap self reward tetap terpenuhi dan keuangan kita di masa depan tetap terjaga.

Pada dasarnya, membelanjakan uang THR untuk self reward adalah hal yang sah-sah saja untuk dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa pengelolaan uang yang bijak juga cukup penting untuk menjaga finansial kita. Terlebih, kebutuhan finansial di hari raya biasanya meningkat. Jadi, jangan lupa memperhitungkan faktor-faktor kebutuhan lainnya, ya. Selamat mencoba!


Topik

Serba Serbi thr kelola thr bayaran thr



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya