Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

6 Tujuan Negara Ekspor Bawang Goreng yang Bisa Bikin Bisnis Meroket

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

12 - Apr - 2024, 17:45

Placeholder
Bawang goreng, adalah salah satu bumbu tambahan atau camilan yang potensial untuk diekspor. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Siapa yang tidak suka dengan bawang goreng? Bumbu tambahan yang satu ini menjadi favorit bagi banyak orang baik. Bukan hanya sebagai pelengkap hidangan, namun juga bisa menjadi camilan. 

Selain membuat makanan menjadi lebih sedap dan kaya cita rasa, umbi bawang merah juga bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini terjadi karena bawang mengandung berbagai gizi. Seperti sodium, kalium, folat, vitamin A, C, dan E, kalsium, magnesium, fosfor, dan unsur-unsur lainnya.

Baca Juga : 5 Negara Tujuan Ekspor Lele, Omset Bisa Triliunan 

Tidak heran jika bawang goreng memiliki potensi ekspor yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, pasar internasional pun tidak bisa menolak kelezatan dan keunikan rasa dari bawang goreng. Berikut daftar negara dengan potensi ekspor bawang goreng terbesar, melansir TikTok @NgobrolinEkspor.

1. Thailand 

Thailand adalah salah satu negara tujuan ekspor bawang goreng dari Indonesia. Bawang goreng adalah produk makanan yang populer di Thailand sebagai bahan pelengkap dalam hidangan atau sebagai camilan. 

Permintaan terhadap bawang goreng dari Indonesia di Thailand cukup tinggi karena kualitasnya yang terkenal dan harganya yang bersaing. Oleh karena itu, Thailand merupakan pasar yang penting bagi industri bawang merah goreng Indonesia.

Nilai transaksi ekspor di Thailand ini mencapai Rp 3,4 miliar 

2. Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara tujuan ekspor bawang goreng yang penting dari Indonesia. Bawang goreng merupakan produk makanan yang populer di Vietnam dan sering digunakan dalam berbagai hidangan tradisional. 

Permintaan terhadap bawang goreng Indonesia di Vietnam terus meningkat karena kualitasnya yang terkenal dan kelezatannya yang diakui secara internasional. Oleh karena itu, Vietnam merupakan pasar yang signifikan bagi industri bawang goreng Indonesia. Nilai transaksi ekspor di Vietnam ini mencapai Rp 25 miliar. 

3. Singapura 

Singapura juga merupakan salah satu negara tujuan ekspor bawang goreng dari Indonesia. Bawang goreng merupakan produk makanan yang populer di Singapura dan sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai hidangan atau sebagai camilan. 

Permintaan terhadap bawang goreng Indonesia di Singapura terus meningkat karena kualitasnya yang terkenal dan kelezatannya yang diakui secara internasional. Oleh karena itu, Singapura merupakan pasar yang penting bagi industri bawang goreng Indonesia. Nilai transaksi ekspor di Singapura ini mencapai Rp 14 miliar. 

4. Jepang 

Baca Juga : 5 Limbah Ini Jika Diekspor Bisa Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah 

Jepang juga merupakan salah satu negara tujuan ekspor bawang goreng dari Indonesia. Bawang goreng merupakan bahan tambahan yang populer dalam berbagai hidangan Jepang, seperti ramen, nasi goreng, dan okonomiyaki. 

Permintaan terhadap bawang goreng Indonesia di Jepang terus meningkat karena kualitasnya yang terkenal dan kelezatannya yang diakui secara internasional. Oleh karena itu, Jepang juga merupakan pasar yang penting bagi industri bawang goreng Indonesia. Nilai transaksi ekspor di Jepang ini mencapai Rp 17 miliar. 

5. Malaysia 

Malaysia juga merupakan salah satu negara tujuan ekspor bawang goreng dari Indonesia. Bawang goreng adalah bahan tambahan yang umum digunakan dalam hidangan Malaysia seperti nasi goreng, mie goreng, dan banyak lagi. 

Permintaan terhadap bawang goreng Indonesia di Malaysia terus meningkat karena kualitasnya yang terkenal dan kelezatannya yang diakui secara internasional. Oleh karena itu, Malaysia juga merupakan pasar yang signifikan bagi industri bawang goreng Indonesia. Nilai transaksi ekspor di Malaysia ini mencapai US$ 191 juta. 

6. Amerika Serikat 

Amerika Serikat juga merupakan salah satu negara tujuan ekspor bawang goreng dari Indonesia. Bawang goreng adalah bahan tambahan yang populer dalam berbagai hidangan di Amerika Serikat, termasuk dalam masakan Asia, pizza, burger, dan banyak lagi. 

Permintaan terhadap bawang goreng Indonesia di Amerika Serikat terus meningkat karena kualitasnya yang terkenal dan kelezatannya yang diakui secara internasional. Oleh karena itu, Amerika Serikat juga merupakan pasar yang penting bagi industri bawang goreng Indonesia. Nilai transaksi ekspor di Amerika Serikat ini mencapai Rp 8,1 miliar. 


Topik

Ekonomi ekspor bawang goreng



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri