Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

5 Limbah Ini Jika Diekspor Bisa Hasilkan Cuan Jutaan Rupiah 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Apr - 2024, 05:23

Placeholder
Tampak limbah batok kelapa menumpuk di pinggir jalan. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Seringkali barang-barang di sekitar kita yang kerap dianggap sampah, namun sejatinya bisa menjadi pundi-pundi rupiah. Kalau diekspor komoditas yang kerap dianggap sampah tersebut bisa menghasilkan jutaan rupiah. Berikut ini 5 limbah, jika diekspor bisa hasilkan cuan melimpah: 

1. Gedebog Pisang

G

Biasanya gedebog ini dibuang. Harga gedebog pisang di Amerika bisa mencapai Rp 86.000 perkg. Sementara 1 batang pisang, gedebognya bisa berat 5 hingga 10 kg. 

2. Batok Kelapa 

B

Saya yakin kamu sering melihat batok kelapa ini di pinggir jalan, sekitaran penjual es degan. Biasanya batok kelapanya hanya dibakar begitu saja oleh mereka. Padahal kalau diekspor bisa laku sekitar 7 juta pertahun. 

3. Serabut Kelapa 

S

Serabut kelapa ini biasanya menyatu pada batok kelapa. Serabut kelapanya kalau diekspor harganya bisa 5 juta per ton. 

4. Sekam Padi

S

Sama dengan batok kelapa, sekam padi ini biasanya juga dibakar di sawah oleh petani. Padahal sekam padi ini dihargai sekitar 4 juta per ton. 

5. Serbuk Kayu 

S

Yang daerahnya banyak hutan atau banyak pengrajin furniture, pasti sering menemui komoditas serbuk kayu. Tak jarang serbuk kayu dianggap sampah bahkan hingga dibuang atau dibakar begitu saja. Padahal jika diekspor, serbuk kayu ini bisa laku sekitar Rp 172 juta. 

Demikian 5 limbah yang apabila dimanfaatkan untuk ekspor bisa menjadi sumber cuan. Semoga bermanfaat. 


Topik

Ekonomi peluang ekspor ekspor sabut kelapa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri