Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Update Bencana Angin Kencang di Malang, 6 Warung Warga Bululawang Rusak Tertimpa Pohon

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Feb - 2024, 11:57

Placeholder
Petugas gabungan saat berupaya mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa beberapa warung di Kecamatan Bululawang pada Rabu (7/2/2024). (Foto: BPBD Kabupaten Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Tidak hanya menimpa rumah warga dan menutup akses jalan desa, hujan lebat disertai angin kencang di Kabupaten Malang juga mengakibatkan beberapa warung rusak, Rabu (7/2/2024). Sederet bencana angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang tersebut terjadi pada beberapa titik di Kecamatan Bululawang.

Berdasarkan data terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, beberapa warung yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang tersebut terjadi di Tanjungsari, Desa Kuwolu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Daftar 15 TPS di Kabupaten Malang Rawan Bencana, Ayahab Lur!

"Hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan pohon yang kondisinya sudah tua tumbang dan menimpa beberapa warung di pinggir jalan," ungkap Sadono.

Tidak ada korban jiwa dalam beberapa insiden pohon tumbang yang terjadi di Kecamatan Bululawang tersebut. Sementara itu, terkait total kerugian material masih dalam pendataan.

"Kurang lebih ada enam warung yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang," imbuhnya.

Sebelumnya, kejadian pohon tumbang pertama kali terjadi pada Rabu (7/2/2024) sekitar pukul 16.30 WIB. Hujan lebat dan angin kencang di wilayah Desa Kuwolu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang mengakibatkan beberapa Pohon Mindi dengan diameter 15-25 sentimeter di tepi jalan tumbang.

Dampaknya, jalan desa tertutup beberapa pohon yang tumbang tersebut. Di saat bersamaan, yakni pada Rabu (7/2/2024) sekitar pukul 16.30 WIB hujan lebat disertai angin kencang juga terjadi di Desa Bakalan, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Akibatnya pohon dengan kondisi sudah tua yang berada di belakang rumah warga tumbang. Sehingga menimpa dapur rumah milik warga.

Baca Juga : Ramalan Cuaca 8 Februari, Warga Surabaya dan Sekitarnya Jangan Lupa Bawa Jas Hujan dan Payung

Penanggulangan paska bencana pohon tumbang yang terjadi pada beberapa titik di Kecamatan Bululawang tersebut, sempat mengalami beberapa kendala. Di antaranya minimnya penerangan hingga angin kencang yang masih terjadi saat proses penanggulangan bencana berlangsung.

Di sisi lain, personel gabungan dari BPBD dan PMI Kabupaten Malang, jajaran Muspika Bululawang yang juga terdiri dari TNI hingga Polri, dinas terkait, perangkat desa hingga masyarakat setempat dan para relawan, turut terlibat dalam upaya penanggulangan paska bencana pohon tumbang di Kecamatan Bululawang tersebut.

Sementara itu, peristiwa pohon tumbang tersebut juga sempat viral di media sosial. Berdasarkan penelusuran media online ini, Pohon Cemara di wilayah Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah, Desa Krebet, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang juga tumbang akibat diterjang angin kencang, Rabu (7/2/2024).

Selain itu, di saat bersamaan juga beredar rekaman video di beberapa akun Instagram mengenai pohon tumbang yang menutup akses jalan di Desa Kuwolu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. "Untuk (pohon tumbang) yang di jalan ditangani Bina Marga. Sedangkan yang di ponpes sudah tertangani oleh pihak pondok," pungkas Sadono.


Topik

Peristiwa angin kencang Malang Bululawang warung rusak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri