Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Kuatkan OPOP Jatim, Gubernur Khofifah Resmikan Pabrik Kapiten di Ponpes An-Nur 2 Malang

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

09 - Dec - 2023, 18:57

Placeholder
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa (kerudung kuning)saat meninjau proses pembuatan dan pengemasan minuman berkarbonasi rasa kopi di Ponpes An-Nur 2, Bululawang, Kabupaten Malang, Sabtu (9/12/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meresmikan pabrik pembuatan minuman berkarbonasi rasa kopi bernama Kapiten Nusantara, di komplek Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur 2 Al-Murtadlo, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim itu menyampaikan, bahwa adanya pabrik pembuatan minuman berkarbonasi rasa kopi yang sangat diminati oleh masyarakat luas ini merupakan implementasi dari program One Pesantren One Product (OPOP) di Provinsi Jatim. 

"Hari ini saya hadir untuk meresmikan pabrik yang merupakan salah satu UMKM yang luar biasa yakni Kapiten Nusantara. Saya sangat bangga Jatim punya produk seperti Kapiten Nusantara," ujar Khofifah, Sabtu (9/12/2023). 

Mantan Menteri Sosial RI ini juga mengapresiasi langkah Ponpes An-Nur 2 Al-Murtadlo yang mendirikan pabrik pembuatan minuman berkarbonasi rasa kopi ini. Menurutnya, dengan berdirinya pabrik pembuatan Kapiten Nusantara ini merupakan wujud komitmen dari Ponpes An-Nur 2 Al-Murtadlo dalam menguatkan ekonomi keumatan yang diharapkan ponpes lain khususnya di Provinsi Jatim dapat melakukan hal yang sama. 

Terlebih lagi kata Khofifah, di dalam program OPOP terdapat ekosistem yang berjalan. Yakni pesantren sebagai preneur, santripreneur dan sosiopreneur. Dengan begitu, diharapkan ponpes dapat memberikan penguatan ekonomi keumatan untuk membebaskan masyarakat dari rentenir. 

"Dan usaha ini bisa memberikan multi efek bagaimana usaha dari pesantren ini bisa memberi referensi baik dari pesantren, santri dan alumninya yang bisa bersama-sama mengatasi kemiskinan dengan mewujudkan usaha perekonomian dalam pesantren," tutur Khofifah. 

Lebih lanjut, Khofifah juga sempat mengulas secara singkat kegiatan dagang yang juga dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. "Rasullullah itu lebih lama jadi seorang saudagar dari pada perintah menjadi seorang Rasul. Artinya bahwa berdagang itu sesuatu yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, bahkan istri beliau Siti Khadijah RA adalah seorang pedagang besar," ujar Khofifah. 

Artinya, menurut Khofifah terdapat referensi bahwa Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk berdagang. Di mana sistem pembinaan umat terbesar yang berjalan secara sistemik berada di ponpes. 

"Maka jika di Ponpes An Nur 2 ada usahanya, ada berdagangnya ini juga mengajarkan hal baik pada santrinya dan alumninya," kata Khofifah. 

Sementara itu, salah satu pimpinan Kapiten Nusantara yakni Ma'ruf Mubarok menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang bersedia meresmikan secara langsung pabrik Kapiten Nusantara di komplek Ponpes An-Nur 2 Al-Murtadlo. 

"Kami mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Ibu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk meresmikan pabrik Kapiten Nusantara," ujar pria yang akrab disapa Gus Mamak ini. 

Melalui program OPOP, Kapiten Nusantara akan terus menguatkan ekonomi keumatan melalui lingkungan ponpes. Terlebih lagi, Kapiten Nusantara yang merupakan produk minuman kekinian mengusung tagline "Karya Santri dan Anak Bangsa Indonesia". 

"Kita investasikan modal awal seluruhnya untuk pabrik Kapiten Nusantara ini sebesar Rp 4,5 miliar," tutur Gus Mamak. 

Pihaknya menambahkan, bahwa dalam setiap harinya, Pabrik Kapiten Nusantara dapat memproduksi enam ribu botol minuman berkarbonasi rasa kopi ini. "Kita sudah pasarkan ke Malaysia, Canberra, New Zealand dan akan merambah ke India," pungkas Gus Mamak.
 


Topik

Pemerintahan gubernur jatim pabrik kapiten nusantara opop jatim ponpes an nur malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana