Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Caleg Golkar Jatim V Ahmad Irawan: Malang Punya Potensi untuk Mandiri Ekonomi

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

28 - Nov - 2023, 15:05

Placeholder
Caleg DPR-RI Partai Golkar Dapil Jatim V Ahmad Irawan.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Calon legislatif Partai Golkar Ahmad Irawan menilai Kota Malang memiliki segudang potensi untuk bisa terus menumbuhkan perekonomian. Apalagi secara administratif, Kota Malang juga berdekatan dengan dua daerah lain di Malang Raya, yakni Kota Batu dan Kabupaten Malang. 

Pria yang maju untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) V ini menyebut hal itu juga menjadi daya dukung bagi ketiga daerah di Malang Raya untuk meningkatkan perekonomian. Terkhusus di Kota Malang dengan segala dinamika pergerakan penduduknya yang turut mengungkit ekonomi masyarakatnya. 

Baca Juga : Cak Imin Tertawakan Nasib Erick Thohir, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno

 

"Kita tahu Malang Raya punya potensi masing-masing di tiga daerahnya. Mungkin kalau dilihat kepadatan, Kota Malang nampak lebih padat, kultur perputaran ekonomi di Kota Malang itu bisa dilakukan dalam berbagai hal. Kita lihat saja seperti UMKM, pertumbuhannya kan banyak sekali. Jelas itu berdampak pada peningkatan ekonomi warga," ucap Irawan. 

Hal tersebut juga ia tunjukan dengan data dari Badan Pusat Statistika (BPS). Dalam 10 tahun terakhir, pada tahun 2022 nilai ekonomi di Kota Malang meningkat kurang lebih 49,61 persen jika dibandingkan dengan tahun 2010. 

Nilai ekonomi yang terbentuk selama tahun 2022 mencapai Rp 84,8 triliun. Jika dihitung dengan harga konstan dan mengacu pada tahun 2010, maka nilai ekonomi yang terbentuk adalah sebesar Rp 56,68 triliun. 

Selain itu, selama 10 tahun terakhir pertumbuhan ekonomi di Kota Malang juga berhasil berada di level tertinggi. Catatan media ini, pada tahun 2018 dan 2019, yakni masa sebelum pandemi, pertumbuhan ekonomi Kota Malang mencapai 5,72 dan 5,73.

Namun, hantaman keras pandemi covid-19 pada tahun 2020 sempat membuat ekonomi Kota Malang mengalami kontraksi hingga melemah di angka -2,26 persen. Kondisi melemahnya ekonomi Kota Malang akibat pandemi tak berlangsung lama.

Dengan berbagai program, kebijakan dan buah dari sinergitas serta kolaborasi seluruh perangkat daerah, ekonomi di Kota Malang menguat di angka 4,21 persen di tahun 2021. 

Baca Juga : Kampanye Dimulai, KPU Kota Blitar Larang Pemasangan Alat Peraga di Jalan Protokol dan Fasilitas Umum

 

"Ini menunjukkan bahwa sebenarnya Kota Malang memang punya potensi agar ekonominya terus menggeliat. Bahkan tidak menutup kemungkinan dengan berbagai program strategis, kemandirian ekonomi di Kota Malang akan bisa terwujud," jelas politisi Golkar ini. 

Jika dilihat dari kondisi geografis, Kota Malang memang bukan daerah yang memiliki daya tarik dari potensi alam. Namun, Kota Malang tetap bisa menangkap peluang dengan peluang yang dimiliki saat ini. 

"Mungkin bisa saja, wisatawan ini berwisatanya ke Kabupaten Malang dengan jajaran pantai dan eksotisme alamnya, namun ternyata masih banyak wisatawan yang stay (menginap) di Kota Malang.  anyak hotel dengan berbagai pilihan. Itu yang saya maksud Kota Malang bisa menangkap peluang," terang Irawan. 


Topik

Politik Ahmad Irawan Caleg Golkar Malang Raya ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy