Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Penting Diketahui, Tips Bebas Cedera saat Olahraga Pound Fit dan Zumba

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

26 - Nov - 2023, 12:21

Placeholder
Olahraga pound fit (foto: istimewa)

 

JATIMTIMES - Berolahraga sangat berisiko mengalami cedera. Kerena itu, olahraga harus dilakukan dengan benar dan proporsional. 

Nah, cedera akibat berolahraga tidak bisa dianggap sepele. Jika tidak ditangani dengan benar, bisa berakibat fatal.

Baca Juga : Israel Serang Warga Palestina saat Genjatan Senjata di Gaza, Langgar Kesepakatan?

Dalam dunia olahraga saat ini sering didengar profesi fisioterapis yang memberikan tips pencegahan cedera pada olahraga. Tips ini diberikan oleh fisioterapis Bebas Cedera kepada para peserta yang mengikuti kelas pound fit dan zumba di acara tersebut.

“Cedera dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada saat berolahraga. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips pencegahan cedera agar dapat berolahraga dengan aman dan nyaman,” kata Karin, fisioterapis Bebas Cedera.

Nah saat ini, yang sedang hits saat ini di kalangan perempuan dan ibu-ibu adalah olahraga pound fit dan zumba. Oleh karena itu, penting untuk diketahui bagi member pound fit dan zumba agar tidak terkena cedera akibat olahraga dengan intensitas cukup tinggi itu.

Berikut adalah tips pencegahan cedera pada olahraga pound fit dan zumba:

- Pemanasan yang cukup

Pemanasan yang cukup sangat penting sebelum melakukan olahraga pound fit atau zumba. Pemanasan dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga dan mengurangi risiko cedera.

- Peregangan yang tepat

Peregangan yang tepat juga penting untuk dilakukan setelah berolahraga. Peregangan dapat membantu mengembalikan kelenturan otot dan mengurangi nyeri otot.

- Menggunakan peralatan yang tepat

Pound fit dan zumba menggunakan peralatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan peralatan yang tepat agar dapat melakukan gerakan dengan benar dan mengurangi risiko cedera.

- Mendengarkan tubuh

Baca Juga : Polres Tulungagung Ungkap Pesilat Tewas di Tangan Pelatih dan Kasus Pengeroyokan

Jika merasa nyeri saat berolahraga, sebaiknya berhenti dan istirahat. Jangan memaksakan diri untuk terus berolahraga karena dapat memperburuk cedera.

- Melakukan olahraga secara bertahap

Jika baru mulai berolahraga pound fit atau zumba, sebaiknya lakukan secara bertahap. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti kelas yang terlalu berat.

Selain tips di atas, beberapa tips tambahan yaitu konsultasikan dengan fisioterapis jika memiliki kondisi medis tertentu sebelum berolahraga.

Fisioterapis dapat memberikan rekomendasi olahraga yang aman untuk Anda.

- Minum air yang cukup

Minum air yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga sangat penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Hidrasi yang baik dapat membantu mencegah cedera.

- Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga penting untuk pemulihan otot. Usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap malam.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat berolahraga pound fit dan zumba dengan aman dan nyaman.


Topik

Olahraga Tips cegah cedera pound fit zumba



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy