Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pj Wali Kota Kediri Buka Evaluasi Kinerja PIC SI-MALIK

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

20 - Nov - 2023, 15:01

Placeholder
Pj Wali Kota Kediri membuka acara Evaluasi Kinerja Person in Charge.

JATIMTIMES - Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah membuka acara Evaluasi Kinerja Person in Charge (PIC) Sistem Informasi Manajemen Publikasi Kegiatan Pemerintah Kota Kediri (SI-MALIK). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Senin (20/11/2023). 

"Memang publikasi sangat diharapkan peningkatan frekuensinya dan pelatihan bagaimana publikasi yang komunikatif. Harapan saya ke depan setiap OPD punya ahli kreatif. Jadi setiap kegiatan disiapkan dan dipublikasikan secara luas tidak hanya di lingkup OPD saja," ujarnya. 

Baca Juga : Tekankan Pentingnya Integritas dalam Pemerintahan, Ini Pesan Mas Dhito kepada Para Calon Wisudawan UGM

Zanariah mengungkapkan SI-MALIK dapat mewadahi perangkat daerah dan unit kerja untuk sinkronisasi informasi program kegiatan yang akan dilaksanakan. Sehingga, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kominfo bisa merencanakan publikasi kegiatan yang diselenggarakan oleh OPD. Dengan adanya SI-MALIK semua OPD dan unit kerja berkewajiban menginput acara atau kegiatan yang akan dilaksanakan. Dinas Kominfo dapat membantu melalui pembuatan rilis berita maupun konten yang akan dipublikasikan ke media sosial, media massa lokal bahkan nasional. 

"Mulai tahun depan sebelum memulai kegiatan seluruh OPD bisa membuat prognosis kegiatan setahun ke depan. Jadi nanti bisa diketahui mana saja yang harus di hadiri oleh Kepala Daerah, Sekda ataupun yang lain. Publikasinya pun bisa jauh lebih siap dan matang ," ungkapnya. 

Menurut data dari Kepala Dinas Kominfo selama dua tahun keberadaannya, pemanfaatan SI-MALIK dirasa belum optimal. Tercatat baru ada 73,12 persen OPD dan unit kerja yang menginput agenda kegiatan melalui SI-MALIK. Sistemnya sudah ada hanya perlu dioptimalkan. Di tahun 2023 ini SI-MALIK berhasil meraih penghargaan sebagai juara III ketegori program komunikasi publik terbaik pada ajang Jatim Public Award Pemprov Jatim. Serta Brown Winner kategori the best government public relation di ajang Jatim PR Award yang diselenggarakan salah satu media. 

"Saya ingin OPD punya publikasi sendiri di luar Setda agar menarik masyarakat dan informasi jauh lebih cepat. SI-MALIK ini juga harus terus dioptimalkan. Kalau perlu ada reward dan punishment," jelasnya.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Pesankan Santri Harus Miliki Cita-Cita Besar Jadi Intelektual Dunia

Pada kesempatan ini, Pj Wali Kota Kediri Zanariah juga menitipkan pesan sebagai ASN dan bagian dari pemerintah harus netral. Hal itu sesuai dengan arahan Bapak Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. Dimana saat ini mendekati pemilu dan hingar bingar politik sangat kentara. 

"Hindari postingan sosial media yang mengarah pada perpecahan dan konflik politis. Publikasikan hal-hal yang menyejukkan dan membawa suasana kedamaian. Toleransi harus diutamakan di tengah keberagaman," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan pj wali kota kediri si malik kota kediri pemkot kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana