Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral Dugaan Pelecehan Dilakukan Oknum Mahasiswa, Satgas: Korban Masih Dicari

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

11 - Nov - 2023, 06:52

Placeholder
Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: Google)

JATIMTIMES - Beredar postingan tangkapan layar WhatsApp viral di media sosial X (Twitter) yang menunjukkan dugaan adanya pelecehan seksual kepada mahasiswi baru Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pelecehan itu diduga dilakukan oleh anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA UNY. 

Menanggapi unggahan viral tersebut, Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) UNY telah berkoordinasi dengan Dekanat FMIPA dan BEM FMIPA untuk meminta keterangan dari terduga pelaku. 

Baca Juga : Hari Pahlawan: Kisah Heroik Kiai Mojo, Ulama Kharismatik di Balik Perang Diponegoro

"Proses verifikasi resmi terus berjalan untuk mendapatkan kebenaran informasinya," ungkap keterangan resmi Satgas PPKS UNY, dikutip Instagram story @bemuny, Sabtu (11/11/2023). 

Satgas PPKS UNY mengaku saat ini sedang dilakukan pencarian terhadap penyintas yang mengunggah ceritanya ke media Twitter @UNYmfs. "Silakan bagi yang memiliki informasi dapat menghubungi Satgas PPKS UNY," jelasnya. 

"Satgas PPKS UNY terus berkoordinasi dengan Dekanat FMIPA, BEM KM UNY, BEM FMIPA, Dinas P3AP2, Polda DIY, dan pihak-pihak terkaic lainnya untuk terus mengusut tuntas kasus ini," imbuh keterangannya. 

Satgas PPKS UNY berkomitmen mengawal kasus ini untuk memastikan kebenaran informasi yang viral di media sosial X tersebut. "Dengan demikian, Satgas PPKS UNY menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat kritis dalam bersosial media dan harap bijak dalam mencerna informasi," katanya.

"Kepada siapapun yang melihat, menjadi saksi, atau bahkan menjadi korban Kekerasan Seksual di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta baik dalam konteks kasus ini ataupun kasus yang lain silakan melapor ke Satpas PPKS melalui kanal berikeut ini. Instagram : @satgasppks_uny dan Hotline WA : 085643174925," imbaunya.  

Sebelumnya, sebuah postingan di X @UNYmfs menyebutkan adanya dugaan tindakan pelecehan yang dilakukan oknum anggota BEM FMIPA UNY. Dalam keterangannya, korban mengaku telah dilecehkan sejak Okotober lalu. 

“Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini… Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udah dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang,” tulis pengirim dalam akun tersebut, dikutip Sabtu (11/11/2023).

Tangkapan layar dugaan pelecehan seksual. (Foto: X)

Tangkapan layar dugaan pelecehan seksual. (Foto: X)

Baca Juga : Korupsi Kemenkes Mencapai Ratusan Miliar, KPK Tetapkan Tersangka

“Awalnya gaberani speak karena diancam, aku pernah dilukai berkali kali sama dia karena ngelawan. Cuma sekarang aku muak dan luapin semuanya. Pengen bunuh diri rasanya karena hidupku kayak gini, dilecehin di kampus baru… Plis help me… aku gaberani spill nama pelaku, tapi Aku hafal nim nya 21312244076,” sambung diduga korban. 

Nah, dari nomor induk mahasiswa (nim) itulah diketahui kalau terduga pelaku adalah M. Fahrezy. Mahasiswa FMIPA UNY yang juga anggota BEM. Dalam curhatannya, sosok yang mengaku korban melampirkan screenshoot percakapan yang merendahkan martabatnya sebagai perempuan.

Ancaman diduga dari pelaku kepada korban pelecehan seksual. (Foto: X)

Ancaman diduga dari pelaku kepada korban pelecehan seksual. (Foto: X)

Sontak, unggahan itu pun langsung viral. Hingga berita ini diturunkan, unggahan di akun @UNYmfs itu pun sudah ditakedown alias dihapus. Namun tangkapan layar soal kasus ini sudah beredar viral di X hingga membuat kata kunci "anak BEM" trending dengan 21,2 ribu unggahan. 


Topik

Peristiwa pelecehan seksual universitas negeri yogyakarta bem anak bem bem fmifa uny



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana