Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Wadahi Kreativitas, Dispendik Kabupaten Malang Gelar Lomba Video Inovasi Pembelajaran

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - Nov - 2023, 07:34

Placeholder
Poster Lomba Video Inovasi Pembelajaran antar sekolah se-Kabupaten Malang. (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang memiliki alasan tersendiri mengapa memilih lomba video terkait dengan inovasi pembelajaran antar sekolah se-Kabupaten Malang dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Ketua panitia lomba video inovasi pembelajaran antar sekolah se-Kabupaten Malang Gusni Ariansyah menyampaikan, bahwa terdapat beberapa alasan mengapa akhirnya lomba video yang dipilih untuk mewadahi kreativitas dan inovasi para sekolah serta menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang ke-1263 tahun.

Baca Juga : Peserta Perwakilan MPM Honda Jatim Menangkan AHM Best Student 2023

Menurut Gusni, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, lomba video yang diunggah melalui platform digital merupakan langkah tepat, cepat dan efisien dalam mengakomodir para peserta lomba yang tersebar di 33 Kecamatan di Kabupaten Malang.

"Sekarang lebih dimudahkan dengan perkembangan teknologi. Sehingga mereka juga dimudahkan untuk mengeksplorasi karya mereka dan kreativitas untuk menunjang kurikulum merdeka," ujar Gusni.

Lomba video.

Selain itu, lomba video inovasi pembelajaran antar sekolah se-Kabupaten Malang menurutnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Mulai dari guru hingga murid-murid di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Memang itu (Lomba video inovasi pembelajaran) sangat simpel dan mudah dilakukan oleh siapapun. Siswa juga tidak asing dengan platform media itu. Itu menjadi keseharian mereka, sangat bagus lomba video itu dan juga bermanfaat," jelas Gusni.

Untuk persyaratan dan ketentuan alur perlombaan lomba video inovasi pembelajaran antar sekolah se-Kabupaten Malang dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dapat dilihat pada infografis di bawah ini:

Persyaratan.

Lebih lanjut, untuk pengiriman video dapat dilakukan mulai tanggal 30 Oktober sampai 12 November 2023. Penjurian 10 video terbaik akan dilakukan pada tanggal 13 sampai 14 November 2023 dan diumumkan pada tanggal 15 November 2023.

Baca Juga : Bikin Resah Warga di Tulungagung, Apa Artinya Klithih?

Untuk pemenang yang sesuai dengan indikator penilaian yakni merupakan implementasi kurikulum merdeka, asli, spesifik, unik, inovatif, inspiratif, dan kualitas video yang baik akan diumumkan pada acara lomba dan pameran karya siswa pada tanggal 18 November 2023 di Pendapa Panji Kabupaten Malang.

"Harapannya, semua bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan tahapan yang telah ditetapkan. Endingnya, dengan adanya acara ini masyarakat bisa lebih mengapresiasi apa yang telah Dispendik Kabupaten Malang lakukan," tutup Gusni.

Sebagai informasi, kegiatan lomba video inovasi pembelajaran antar sekolah se-Kabupaten Malang dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ini digelar oleh Dispendik Kabupaten Malang dengan menggandeng JatimTIMES.com untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang ke-1263 tahun, serta mewadahi kreativitas serta inovasi dari para guru maupun murid dari masing-masing lembaga pendidikan.


Topik

Pendidikan Lomba Video dinas pendidikan kabupaten malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni