Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Anies Cak Imin Ajak Warga Turun Aksi Bela Palestina di Monas Besok

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

04 - Nov - 2023, 16:36

Placeholder
Anies dan Cak Imin. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Bacawapres Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin turut mendukung aksi bela Palestina yang akan dilaksanakan serempak pada besok, Minggu (5/11) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Cak Imin pun mengimbau agar masyarakat ikut mendukung aksi tersebut. "Kita semua harus mendukung. Dukungan kita, terhadap Palestina dengan berbagai ikhtiar, menekan. Jangan kalah dengan yang di Inggris, semuanya besar sekali di London, di Washington," kata Cak Imin kepada wartawan usai menghadiri haul Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Riyadh, Solo, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga : Ancaman Terorisme Masih Ada, Ketua MUI Kabupaten Malang Ajak Masyarakat Waspada

Lebih lanjut Cak Imin meminta agar pemerintah bersikap pro-aktif dengan mengupayakan berbagai langkah diplomasi. Salah satunya, berdialog dengan pihak-pihak yang berkonflik.

"Tapi yang lebih penting dari itu, dukungan kita akan kita upayakan dalam betul yang lebih konkret, diplomasi yang pro-aktif. Kita harus minta bicara dengan Israel, bicara dengan Hamas, bicara dengan pihak-pihak yang bertikai untuk menghentikan kekerasan demi kemanusiaan dan perdamaian. Nah untuk itu, diplomasi negara perlu," jelasnya.

Cak Imin lalu menjelaskan, peran masyarakat begitu penting untuk ikut dalam upaya mendamaikan situasi yang tengah panas di sana. Selain itu, dia mengajak kepada seluruh masyarakat agar dapat terus memberikan berbagai bantuan terhadap korban Palestina.

"Tetapi civil society, masyarakat, juga perlu untuk menjadi penengah di masyarakat sana. Yang kedua, bantuan, kita pemerintah masyarakat, kirim bantuan di sana," ungkap Cak Imin.

Ajakan untuk mendukung aksi bela Palestina pun sebelumnya juga turut disuarakan oleh Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan. Anies mengajak warga Indonesia agar ikut berdoa untuk Palestina.

Adapun ajakan itu disampaikan Anies lewat akun X-nya (dulu Twitter), @aniesbaswedan. "Palestina adalah urusan kemanusiaan. Palestina adalah masalah kita semua, bukan hanya urusan Kemenlu saja (yang sudah menjalankan peran diplomasi dengan baik)," kata Anies.

Diketahui, sejumlah elemen masyarakat akan menggelar aksi dukungan terhadap Palestina. Aksi sejumlah elemen masyarakat ini akan digelar pada Minggu (5/11) mendatang. Aksi ini akan berlangsung di Monas mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

Baca Juga : 6 WNI Masih Terjebak di Palestina, Menlu Sebut Butuh Waktu Lama Mengevakuasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga salah satu organisasi masyarakat yang akan turut berpartisipasi dalam aksi tersebut. MUI mengajak semua pihak bergabung dalam acara tersebut.

"Kita mengundang lintas agama, lintas ormas, lintas golongan, rakyat, pemerintah, untuk menyatukan persepsi dan menyatukan aksi untuk menyuarakan kepada dunia bahwa Indonesia marah," kata Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis saat dihubungi, Jumat (3/11).

Aksi tersebut terbuka untuk umum maupun lintas agama. Namun meski demikian, MUI melarang adanya atribut partai politik hingga bendera-bendera organisasi masyarakat. MUI juga tidak memperbolehkan adanya atribut yang provokatif.

"Jangan bawa atribut partai, dan jangan bawa atribut provokatif, tidak boleh ada bendera yang sudah dilarang oleh pemerintah Indonesia," kata KH Cholil Nafis.


Topik

Peristiwa muhaimin iskandar anies baswedan save palestina perang gaza



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya