Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Warna Lampu Mempengaruhi Kualitas Tidurmu

Penulis : Ghiska Ayu - Editor : A Yahya

03 - Nov - 2023, 18:28

Placeholder
Sleep Lamp (Foto : Pinterest)

JATIMTIMES - Apakah kamu termasuk orang yang tidur dengan lampu menyala? Jika iya, tahukah kamu bahwa warna lampu tertentu bisa membuat tidur lebih nyenyak? Mari kita bahas hubungan antara warna lampu dan kualitas tidur.

 Sebuah penelitian dari Universitas Manchester, Inggris, mengatakan bahwa setiap orang memiliki siklus tidur alami, yaitu bangun saat terang dan tidur saat gelap Namun, banyak ahli lainnya menyatakan bahwa paparan cahaya artifisial dapat mengganggu siklus tersebut. Cahaya artifisial yang dimaksud adalah blue light, cahaya artifisial berwarna biru yang terpancar dari perangkat elektronik.

Baca Juga : City Walk - Makam Bung Karno Siap Hadirkan Pesona Baru

 Perlu disadari, setiap hari jika terus-menerus terpapar cahaya biru dari perangkat elektronik seperti laptop, TV, dan layar smartphone secara berlebihan, dapat mengganggu sekresi melatonin yang dapat mengacaukan suasana hati. 

 Setelah memahami bagaimana pengaruh blue light terhadap kualitas tidur, pemilihan warna lampu yang tepat menjadi penting dalam meningkatkan kualitas tidur.

Supaya tidur lebih nyenyak, dua warna lampu ini patut kamu coba:

Merah: Warna merah sering dianggap baik sebagai warna lampu tidur karena memiliki efek menenangkan pada sistem saraf manusia. Studi menunjukkan bahwa paparan cahaya merah tidak meningkatkan gejala mirip depresi seperti cahaya putih dan biru. Sebaliknya, cahaya merah membantu memproduksi melatonin, hormon yang memicu kantuk, sehingga lebih lembut untuk mata dan menjadikan tidur lebih nyenyak dan efektif. 

Amber: Warna amber atau oranye emas adalah warna hangat yang membantu meningkatkan sekresi melatonin, meningkatkan mood, dan memudahkan tidur. Selain itu, warna amber memiliki intensitas cahaya yang rendah sehingga tidak mengganggu tidur dan berpengaruh terhadap produksi melatonin. 

Baca Juga : Usai Viral Hewan Peliharaan BAB Sembarangan, Pemilik Anjing Klarifikasi

Namun, ada fakta menarik lainnya bahwa tidur tanpa cahaya adalah yang paling baik. Cahaya akan merangsang tubuh dan pikiran, membuatmu lebih waspada, dan mengganggu kualitas tidur. Ruangan yang benar-benar gelap tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak, tapi juga membantu mencegah masalah atau gangguan tidur. 

Jadi, jika kamu takut untuk tidur dalam keadaan gelap atau membutuhkan cahaya, pilihlah lampu dengan warna merah atau amber untuk kualitas tidur yang lebih baik. Tetap ingat, tidur tanpa cahaya adalah yang terbaik untuk kualitas tidur yang optimal.


Topik

Kesehatan kualitas tidur tidur tanpa cahaya tidur nyenyak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ghiska Ayu

Editor

A Yahya