Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Dorong Produk Lokal, Kota Batu Kukuhkan Komite E-Kraf

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

01 - Nov - 2023, 18:43

Placeholder
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat mengukuhkan Komite E-Kraf di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani Kota Batu, Rabu, (1/11/2023). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemkot Batu terus berinovasi demi perkembangan dan tumbuhnya roda perekonomian dengan memajukan produk lokal di Kota Batu. Inovasi yang dilakukan itu dengan menggelar Business Matching Bangga Produk Lokal yang berlangsung di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani Kota Batu, Rabu, (1/11/2023).

Kegiatan yang mempertemukan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, 130 pelaku usaha, dan akademisi ini menjadi momen yang sangat penting. Sebab,   pada keiatan ini juga dikukuhkan Komite Ekonomi Kreatif (E-Kraf) langsung oleh Aries. Komite E-Kraf di dalamnya terdapat pelaku ekonomi lokal hingga perwakilan akademisi dan birokrat di Kota Batu. 

Baca Juga : Dorng Produk Lokal, Kota Batu Kukuhkan Komite E-Kraf

Setelah pengukuhan tersebut dilanjutkan dengan m talk show yang berlangsung dalam dua sesi. Yang pertama bertema Outlook Ekonomi Kota Batu Tahun 2024 dan pemaparan P3DN.

Pada talk show ini, narasumber yang dihadirkan yakni Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai bersama tenaga ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Keuangan Prof Dr. Chandra Fajri Ananda, Ph.D. serta Tenaga Ahli Walikota Bidang Pertanian dan Tata wilayah Prof. Ir. Sukir Maryanto, Ph.D.

Sesi kedua diisi oleh Kepala Bagian Pengadaan dan Jasa Dian Fachroni, Ketua II DPRD Kota Batu Heli Suyanto, Ketua PHRI Kota Batu Sujud Hariadi, E-Kraf Kota Batu Herman Aga, dan Dr. Syaiful Iqbal, Ak.CA., CPMA yang membahas tentang Inisiatif, Kolaborasi dan Inovasi Menuju Bangga E-Lokal Berkelanjutan.

Kepala Bagian Pengadaan dan Jasa Dian Fachroni mengatalan, Business Matching merupakan kegiatan untuk mempertemukan kebutuhan belanja pemerintah dengan pelaku usaha khususnya di Kota Batu. “Dengan tujuan meningkatkan capaian nilai kontrak belanja Produk Dalam Negeri (PDN),“ ucap Dian.

Sekaligus sebagai wadah pertemuan bisnis antara pemerintah dengan pelaku usaha, calon investor, atau partner. “Jadi pemerintah bisa bertemu dengan pelaku usaha dengan latar belakang yang berbeda sehingga dapat memperluas jaringan dan pelaku usaha,” imbuh Dian.

Dengan demikian para pelaku usaha yang hadir tersebut bisa saling mengenalkan produk atau jadinya secara personal. Sekaligus saling bertukar pengalaman dan sebagainya.

Baca Juga : Pemandian Air Panas Cangar Raih Penghaargaan East Java Tourism Award 2023

Tak hanya itu saja lewat kegiatan ini Pemkot Bati ingin meningkatkan produk lokal. Mulai dari peningkatan jumlah produk tayang, pelaku usaha terdaftar serta transaksi melalui belanja pengadaan barang dan jasa Pemkot Batu melalui E-Katalog lokal.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menambahkan, optimis produk-produk lokal Kota Batu dapat bersaing dengan daerah lain. Apalagi jika bangga produk lokal terus didorong, sehingga perekomian di Kota Batu dapat terus meningkat.

“Di tengah kondisi yang cepat berubah, kita harus tetap bangga dengan produk lokal Kota Batu. Kegiatan Ini adalah langkah yang baik. Saya harap produk lokal Batu tidak hanya di lingkup Kota Batu, tapi juga bisa keluar daerah,” terang Aries.


Topik

Peristiwa Kota batu komite e kraf Aries agung paewai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya