Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Internasional

Rekor! Sweater Putri Diana Pecahkan Harga Tertinggi dalam Sejarah Lelang

Penulis : Mutmainah J, Ghiska - Editor : A Yahya

15 - Sep - 2023, 17:10

Placeholder
Sweater Putria Diana yang pecahkan rekor harga lelang. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Putri Diana sering tampil mencolok dengan busana yang memikat selama bertahun-tahun. Hal ini memberikan pengaruh besar dalam sejarah mode, terutama terkait dengan cara berpakaian kerajaan, makna simbolik, dan sebagainya. 

Mulai dari gaun pernikahannya yang tak terlupakan hingga gaun hitam beludru yang disebut "gaun balas dendam" yang dikenakannya pada tahun 1994, bahkan hingga gaya atletik yang ditampilkan pada tahun 90-an, semuanya menjadi bagian penting dari warisan gaya berpakaian unik Diana.

Baca Juga : Belanja Bulanan Hemat, Berikut Rekomendasi 8 Toserba Murah Meriah di Malang

Namun, pada hari Kamis di New York, rekor penjualan tertinggi untuk pakaian yang pernah dikenakan oleh Putri Diana tidak dipecahkan oleh gaun malam mewah atau aksesori desainer langka. Yang memecahkan rekor adalah pakaian rajutan santai, seperti dilaporkan CNN International.

Pakaian tersebut adalah sweater "domba hitam" yang pertama kali dikenakan oleh Diana saat menghadiri pertandingan polo pada tahun 1981, saat dia masih bertunangan dengan Raja Charles III. Ini menjadi bintang utama dalam pelelangan Fashion Icons terbaru di Sotheby's New York dan berhasil terjual seharga $1,143,000 hanya dalam waktu 15 menit penawaran.

Namun sayang, juru lelang yakni Sotheby's tidak mengungkapkan identitas pemenang lelang pakaian milik Diana itu.

Menurut Sotheby's, harga tersebut merupakan harga tertinggi yang pernah dibayar dalam lelang untuk pakaian milik Putri Diana – melampaui harga gaun pesta gaya Infanta miliknya yang terjual pada bulan Januari seharga $604.000. Ini juga merupakan sweter paling berharga yang pernah dijual di lelang.

Sebelumnya, rekor penjualan tertinggi untuk pakaian dari koleksi Diana dipegang oleh gaun bola desainer Victor Edelstein yang diciptakan khusus untuknya pada tahun 1989. Gaun berbeludru sutra merah marun tanpa bahu itu memiliki rok bergaya tulip yang membuat Diana terlihat anggun. Gaun ini terjual seharga $604,800 dalam pelelangan awal tahun ini.

Namun, sweater rajutan yang unik ini bukan hanya memecahkan rekor harga penjualan sebelumnya, tetapi juga menjadi sweater paling mahal yang pernah dijual dalam pelelangan. (Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh seorang musisi, Kurt Cobain, yang mengenakan cardigan saat tampil dalam acara MTV Unplugged, menurut Sotheby's.)

Baca Juga : Heboh Jasad Alien Dipamerkan di Sidang Parlemen Meksiko, Tuai Kritian Dunia  

Sweater ini diciptakan pada tahun 1979 oleh desainer rajutan Sally Muir dan Joanna Osborne di bawah label mereka, Warm & Wonderful. Sweater ini memiliki pola domba putih yang tersusun rapi, dengan satu domba hitam yang menonjol di bagian depan.

Meskipun Diana melaporkan kerusakan kecil pada salah satu mansetnya beberapa minggu setelah mengenakannya, pakaian ini dikembalikan ke label oleh Istana Buckingham. Muir dan Osborne dengan senang hati membuatkan Diana sweater yang baru, dan mereka bahkan menerima surat ucapan terima kasih dari istana. Diana kemudian memakai sweater pengganti ini lagi saat pertandingan polo pada tahun 1983.

Saat awalnya dilelang, diperkirakan sweater ini akan terjual antara $50,000 hingga $80,000. Namun, setelah menerima total 44 penawaran, harganya mencapai 14 kali lipat lebih tinggi dari yang diharapkan, menurut Sotheby's.

"Sangat menggembirakan bahwa sweater yang sangat dihargai ini sekarang telah menemukan pemilik baru, membawa bersama warisan abadi Putri Diana," kata Muir dan Osborne dalam pernyataan mereka.


Topik

Internasional Putri Diana sweater putri diana



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J, Ghiska

Editor

A Yahya