Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Lewat Gerakan Ini, Mahasiswa Unikama Berperan Aktif dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN 2 Taji Sekolah

Penulis : Andini Dwi Sekartanti, Aurelia Lucretie - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Sep - 2023, 19:53

Placeholder
Mahasiswa Unikama dan universitas lain berfoto di SDN 2 Taji

JATIMTIMES - Melalui Program Kampus Merdeka Angkatan 4, mahasiswa dari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mendapat kesempatan untuk berkontribusi dalam mengembangkan literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah yang diadakan di SDN 2 Taji berlokasi di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. 

Kegiatan ini berlangsung dari bulan Agustus hingga Desember yang lalu. Dalam menyukseskan program pengembangan literasi dan numerasi, terdapat beberapa yang mendukung program ini. Dimana mahasiswa Unikama berhasil menginisiasi sudut baca yang disediakan di setiap kelas. Hal ini tentu saja membantu dalam memicu minat siswa terhadap kegemaran membaca buku. 

Baca Juga : Sartani Gaya KWB, Tingkatkan Kesejahteraan Petani Lokal Kota Batu

Renada Mariyama, mahasiswa Unikama menyebutkan bahwa melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dilaksanakan bersama mahasiswa dari universitas lain ini tidak hanya mengajak siswa untuk membaca saja, melainkan mereka dituntut untuk memahami makna dari bacaan setiap 15 menit sebelum mulainya proses kegiatan belajar mengajar.

Pada program GLS ini, siswa diwajibkan untuk membaca buku non pelajaran sebelum kegiatan belajar dimulai dengan harapan dapat meningkatkan semangat membaca siswa. 

Agus Sugianto, S.Pd sebagai guru pendamping lapangan menegaskan bahwa meningkatkan minat baca sangat mempengaruhi prestasi anak. Peningkatan minat baca akan berbanding lurus dengan pengetahuan siswa.

Baca Juga : 1.000 Maba Unisba Blitar Ikuti PKKMB, Pesan Bupati Mak Rini: Kembangkan Prestasi, Berbakti untuk Negeri

“Oleh karena itu, melalui ketekunan dalam menerapkan GLS setiap pagi bertujuan untuk merangsang minat baca siswa dan secara perlahan membantu mereka mengembangkan kegemaran membaca,” ujar Agus.


Topik

Pendidikan Unikama universitas kanjuruhan Mahasiswa Unikama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Andini Dwi Sekartanti, Aurelia Lucretie

Editor

Sri Kurnia Mahiruni