Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jelang Pemilu 2024, Cak Imin Mulai Ziarah Keliling Makam Wali Song

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

08 - Sep - 2023, 10:07

Cak Imin saat melepas tour de wali songo hari ini. (Foto dari internet)
Cak Imin saat melepas tour de wali songo hari ini. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan berziarah ke makam Wali Songo dalam rangka menghadapi Pemilu 2024. Ziarah bertajuk Tour de Wali Songo itu dimulai hari ini.

Cak Imin tiba di DPP PKB, Jakarta Pusat sekitar pukul 07.10 WIB, Jumat (8/9/2023). Dia datang mengenakan atasan berwarna putih lengkap dengan blankon hitam.

Baca Juga : Gedor Kamar Janda Setengah Bugil Dilaporkan BK, Ini Tanggapan Ketua DPRD Tulungagung

Namun tak lama setelah itu, Cak Imin lantas melepas keberangkatan rombongan Tour de Wali Songo. Dalam sambutannya, dia menginstruksikan kepada para kader PKB di seluruh daerah juga untuk mengunjungi para Wali Songo.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim maka Tou De Walisongo secara resmi kita berangkatkan," ujar Cak Imin di DPP PKB, Jumat (8/9/2023).

"Saya instruksikan pengurus dan pejuang kader PKB kunjungi wali wali di mana pun berada wali itu. Minta restu dan minta doa agar perjuangan PKB lancar sukses bermanfaat merubah Indonesia lebih baik amin," lanjutnya.

Selanjutnya, Cawapres Anies Baswedan itu berharap Tour de Wali Songo menjadi spirit awal bagi para kader menyatukan Indonesia. Yakni, lanjut dia, dengan mengikuti perjuangan dan teladan para wali.

"Di sisi lain harus terus menjadi pewaris perjuangan mereka, dan wali sembilan ini ditambah satu wali lagi, Gus Dur InsyaAllah menjadi wali yang paling kontekstual karena mengabdikan dirinya untuk bangsa dan rakyatnya, Amin," harap Cak Imin.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan kegiatan tersebut bakal dilaksanakan pada mulai 8-11 September 2023. Anies Baswedan dijadwalkan bakal hadir pada rangkaian kegiatan Tour de Wali Songo tersebut.

"Insyaallah di sana kita akan ziarah dan langsung Gus Muhaimin insyaallah Pak Anies juga akan berkenan bersama-sama juga di Sunan Ampel untuk berziarah berdoa melakukan tirakat bismillah kita akan melakukan terbaik untuk bangsa ini," ujar Cucun dalam jumpa pers di DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).

"Kalau sekarang sudah deklarasi, kita sekaligus konsolidasi, sosialisasi di tempat-tempat halaqah, ketemu para kiai dan para ulama menyampaikan dan mohon doa restu dan mohon dukungan kepada seluruh kiai di setiap tempat itu," sambungnya.

Baca Juga : Silaturahmi dengan Wartawan, Kapolres Tulungagung Siap Perbaiki Pelayanan Informasi

Cucun menyatakan Tour de Wali Songo telah dijadwalkan sejak jauh-jauh hari. Gelaran itu telah direncanakan sebelum dilakukan deklarasi Anies-Cak Imin beberapa waktu lalu.

"Napak tilas perjuangan sejarah para wali ini kita akan menggali nilai-nilai yang ada, yang melekat bagaimana dulu kepemimpinan para Wali Songo ini menggabungkan antara kepemimpinan agama dan negara, yang dicontohkan oleh beliau-beliau itu," jelasnya.

Dia berharap kegiatan itu dapat memberi dorongan spiritual agar bangsa Indonesia mampu melewati pesta demokrasi dengan aman dan tertib menghadapi pemilu mendatang.

"Kegiatan ini bagaimana kita akan memperkuat bagaimana figur Gus Muhaimin Iskandar sebagai sosok santri, antara beliau ini sekarang sudah menjadi kandidat untuk maju di Pilpres 2024 beliau adalah salah satu sosok yang betul-betul merepresentasikan sosok santri," katanya.

"Kemudian kegiatan turun napak tilas ini juga merupakan upaya menguatkan figur Gus Muhaimin sebagai sosok moderat yang mampu mengawinkan nilai agama dengan modernitas sebagai jalan terbaik bagi terwujudnya bangsa Indonesia, cita-citanya negara yang berdaulat, adil dan makmur," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Muhaimin Iskandar wali songo tour de wali songo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya