Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Buka ASEAN+Youth Summit 2023, Menpora Ajak Anak Muda Tingkatkan Keterampilan

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

08 - Sep - 2023, 10:03

Menpora Dito Ariotedjo. (Foto dari internet)
Menpora Dito Ariotedjo. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, resmi membuka ASEAN + Youth Summit 2023. Dalam kesempatan itu, Dito menyampaikan fokus pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pemuda menghadapi tantangan global.

"Program peningkatan keterampilan, pelatihan ulang keterampilan, dan pelatihan keterampilan baru bagi kaum muda menjadi titik fokus, tidak hanya bagi kaum muda tetapi terlebih lagi bagi pembangunan wilayah, yang harus menjadi tindakan kolektif yang menjadi komitmen kami," kata Menpora Dito, dalam keterangan persnya, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga : Buntut Prewed Pakai Flare, Manajer Wedding Organizer Jadi Tersangka Kebakaran Savana Bromo

Adapun pembukaan yang dilakukan Dito mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menyalakan obor secara virtual oleh Menpora Dito, bersama Ketua Indonesia Youth Diplomacy (IYD) Michael Victor Sianipar, Co-Chair ASEAN Youth Agenda (AYA) 2023 Rorian Pratyaksa. Acara diketahui digelar di Jakarta Concert Hall, I News Tower Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dalam sambutanya, Dito mengatakan, generasi muda harus memiliki cara berfikir dan wawasan yang luas agar dapat bersaing di dunia global. Tidak hanya itu generasi muda juga perlu kepercayaan diri anak muda Indonesia juga harus siapkan.

"Bagi saya, masa depan adalah sesuatu yang harus diciptakan, bukan untuk diprediksi. Namun, saya sangat optimis bahwa dalam 5-10 tahun ke depan, 11 negara ASEAN akan mampu melampaui kesuksesan AS dan Tiongkok," tegasnya.

Lebih lanjut Dito mengatakan jika hidup diera saat ini sudah sangat mudah berkolaborasi serta berkomunikasi.

"Hidup di era ini memberi kita kemudahan dalam berkolaborasi dan berkomunikasi yang belum pernah ada sebelumnya. Orang Indonesia bisa bekerja di Kamboja, menerima bayaran dari perusahaan Singapura, membangun jaringan klien ke Filipina, dan sebaliknya. Pada hakikatnya, keadaan ini menuntut kaum muda untuk tidak hanya bekerja tetapi juga memiliki jiwa wirausaha untuk menghasilkan uang dari keterampilan mereka," urainya.

Baca Juga : Terbitkan Lima Ratus Judul Buku, Wahyu Tri Raih Penghargaan Kategori Produsen Karya Rekam 

Pada momen itu juga, Co-Chairs of the ASEAN Youth Agenda 2023, Rorian Pratyaksa, mendorong partisipasi pemuda dan memajukan inisiatif-inisiatif dalam ASEAN Youth Agenda 2023. Ia mengaku antusias dan mengajak pemuda untuk mengambil peran aktif, mempromosikan, dan mengikuti rangkaian acara.

"Momentum ini merupakan wadah penting bagi pemuda Indonesia khususnya dan pemuda ASEAN untuk bersatu, berkolaborasi, dan berperan dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan bagi wilayah ASEAN. Saya mengajak semua pemuda untuk mengambil inisiatif dan berkontribusi dalam mengatasi tantangan global di berbagai bidang," tuturnya.


Topik

Peristiwa Menpora Dito Ariotedjo jokowi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya