Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Meriahnya Pagelaran Wayang Kulit di Pendapa Tulungagung, Angkat Lakon Bima Suci

Penulis : Aries Marthadiharja - Editor : Dede Nana

06 - Sep - 2023, 18:18

Placeholder
Pagelaran wayang kulit diselenggarakan Pendopo Kabupaten Tulungagung dalam rangka sosialisasi Gempur Rokok Ilegal dan menyongsong hari jadi Tulungagung, Selasa malam 5 September 2023. (dok. Tangkapan layar Kanal YouTube Sigid Channel)

JATIMTIMES - Pagelaran wayang kulit digelar di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung, Selasa 5 September 2023 hingga Rabu  6 September 2023. Pagelaran wayang kulit tersebut mengangkat lakon Bima Suci.

Agenda pagelaran wayang kulit ini masih dalam satu rangkaian dengan agenda sosialisasi Gempur Rokok Ilegal 2023. Menariknya, pementasan wayang kulit yang dibawakan oleh dalang kreatif Ki Sigid Ariyanto untuk menyongsong hari jadi Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga : Pesona Air Terjun Pantai Pacar di Tulungagung

Maryoto Birowo Bupati Tulungagung dalam sambutannya menjelaskan, pagelaran wayang kulit ini sebagai wujud sosialisasi Gempur Rokok Ilegal Tahun 2023 juga menyambut hari jadi Kabupaten Tulungagung yang ke-818 tahun.

Maryoto mengingatkan pentingnya pementasan wayang kulit sebagai sarana pelestarian warisan leluhur. “Pagelaran wayang ini tidak saja merupakan upaya pelestarian budaya warisan leluhur kita," terang Maryoto. 

"Juga upaya untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral dan adat ketimuran yang pada saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda,” lanjutnya.

Kesenian wayang kulit harus tetap dilestarikan agar tidak tergerus oleh dinamika zaman yang terus berkembang. Maryoto juga menyampaikan harapannya semoga adanya pagelaran wayang kulit Lakon Bimo Suci dapat menjadi sarana hiburan yang menarik bagi masyarakat.

“Harapan kami dengan adanya hiburan ini bisa memberikan hiburan bagi masyarakat," terangnya.

Baca Juga : Jalan Rusak Siap Diportal dan Ditanami Pisang, Ini Respon DPUPR Tulungagung

Dalam kesempatan ini, Maryoto juga berharap perekonomian seluruh masyarakat dapat berkembang. "Serta dapat meningkatkan perekonomian seluruh masyarakat dan dapat menumbuh kembangkan kebudayaan di Kabupaten Tulungagung,” terang Maryoto.

Pada sela-sela sambutan, Maryoto juga mengajak masyarakat untuk mendukung sosialisas Gempur Rokok Ilegal Tahun 2023 dengan tidak membeli atau mengonsumsi rokok ilegal. Dampaknya tentu akan merugikan negara serta tidak menjamin untuk kesehatan masyarakat seluruhnya.

Dalam agenda ini, turut hadir Wakapolres Tulungagung Kompol Dodik Tri Hendro Siswoyo dan segenap jajaran Polres Tulungagung yang melaksanakan pengamanan selama berlangsungnya pagelaran wayang kulit. 


Topik

Peristiwa bupati tulungagung pagelaran wayang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aries Marthadiharja

Editor

Dede Nana