Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Pekan Kunjungan Perpustakaan UIN Malang: Mendorong Peran Perpustakaan dalam Pembelajaran

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

02 - Sep - 2023, 17:07

Placeholder
Wakil Rektor 2 UIN Maliki Malang, Prof Dr Hj Ilfi Nur Diana SAg MSi (kiri) dan Imam Bani Musyolik MPd bagian perencanaan AUPK (istimewa )

JATIMTIMES - Program Pekan Kunjungan Perpustakaan digelar Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Kegiatan ini menjadi upaya dalam mempromosikan peran perpustakaan yang turut andil dalam proses pembelajaran mahasiswa. 

Ini menjadi langkah lanjutan dari rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah diadakan, termasuk pelatihan, penguatan literasi mahasiswa terkait dengan sumber-sumber literatur ilmiah, dan membedah buku karya dosen.

Baca Juga : Konsulat Jendral Amerika Serikat di Surabaya Kunjungi Kediri, Wali Kota: Banyak Hal yang Akan Dikolaborasikan

Kegiatan ini dimulai dari tanggal 1 September hingga 14 September 2023 mendatang. Berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat telah teragendakan. Dimulai dengan acara Online Research Skill, bedah buku dan berbagai kegiatan menarik lainnya. 

Dalam gelaran Pekan Kunjungan Perpustakaan ini, juga berkolaborasi dengan LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Sambutan positif banyak diberikan para dosen terkait gelaran ini. Bahkan, mereka begitu antusias untuk berpartisipasi dalam membedah buku mereka di perpustakaan.

Dalam Pekan Kunjungan Perpustakaan ini, juga diisi dengan seminar yang menghadirkan narasumber Imam Bani Musyolik MPd yang merupakan bagian perencanaan Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) UIN Maliki Malang.

Dalam paparannya, pihaknya menyampaikan materi tentang "Optimalisasi Pemanfaatan Aset pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri BLU." 
Selain itu, hadir juga memberikan wawasan kepada para peserta seminar, Wakil Rektor 2 UIN Maliki Malang, Prof Dr Hj Ilfi Nur Diana SAg MSi. 

Dalam paparannya, Wakil Rektor 2 yang akrab disapa Ning Ilfi ini, menyampaikan materi  tentang berbagai aspek kelebihan dan kekurangan buku, termasuk memberikan pemahaman tentang optimalisasi aset dalam perguruan tinggi dan lembaga pemerintah. Di sisi lain, pihaknya juga menyampaikan tentang pentingnya pengembangan endowment (dana abadi) bagi Badan Layanan Umum (BLU).

Kepala Perpustakaan dan Pustakawan UIN Maliki Malang, Mufid MHum menambahkan, meski dalam penyelenggaraan Pekan Kunjungan Perpustakaan banyak dihadapi berbagai kendala atau tantangan, namun dengan sinergi, kolaborasi dengan berbagai pihak terkait dapat membuat kegiatan bergengsi ini terlaksana dengan baik. 

Baca Juga : Hingga Triwulan Kedua, Pj Wali Kota Batu Akui Ada Program yang Belum Optimal

Lebih lanjut, sebelumnya tidak terbayangkan animo atau antusias para mahasiswa menyambut kegiatan ini begitu tinggi. Bahkan, melihat antusiasme para mahasiswa ini, melebihi ekspektasi penyelenggara. 

 "Antusiasme dan respon positif dari mahasiswa terlihat cukup tinggi, bahkan melebihi ekspektasi, dengan lebih dari 80 mahasiswa yang hadir dalam acara yang seharusnya memiliki kuota 50 peserta," jelasnya.

Dalam Pekan Kunjungan Perpustakaan ini, mahasiswa yang berpartisipasi tidak hanya dari jenang sarjana saja, melainkan juga ditingkat Pascasarjana. 

Pihaknya berharap, gelaran Pekan Kunjungan Perpustakaan ini dapat memberikan dampak positif dalam membangun budaya literasi di kalangan mahasiswa dan memperkenalkan karya-karya dosen agar dipahami oleh seluruh peserta akademik. Dengan begitu, tentu hal ini dapat  membangun budaya akademik dan literasi yang lebih kuat.


Topik

Pendidikan UIN Malang UIN Maliki Universitas IsIam Negeri Malang perpustakaan Ning Ilfi Ilfi Nur Diana



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri