Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Gagal Study Tour, Ratusan Wali Murid MAN 1 Bekasi Ngamuk hingga Bakal Tempuh Jalur Hukum 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

09 - Jun - 2023, 07:43

Placeholder
Terlihat beberapa wali murid tersulut emosi lantaran putrinya tak kunjung diberangkatkan oleh pihak EO study tour ke Yogyakarta pada Kamis (8/6/2023). (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Ratusan wali murid MAN 1 Kota Bekasi meluapkan kekesalannya kepada pihak EO (event organizer) lantaran melakukan pelanggaran perjanjian sehingga study tour siswa ke Yogyakarta dibatalkan.  

Dalam video yang dilihat melalui akun @bekasi_24_jam, tampak para wali murid datang ke sekolah untuk melakukan protes. 

Baca Juga : Viral, Pengendara Celana Loreng Tak Ditilang saat Melewati Jalur Busway, Bolehkah?

Video yang diunggah pada Kamis (8/6/2023) malam tersebut memperlihatkan ratusan wali murid yang berkumpul di masjid. Ada beberapa wali murid yang tersulut emosinya hingga hendak memukul. Kemudian ada beberapa wali murid lainnya yang menengahi agar tak berujung ricuh. 

Sementara di mikrofon terdengar beberapa orang meminta untuk melakukan istighfar agar tak tersulut emosinya. Dalam video itu juga terlihat wali murid mulai melakukan negosiasi. 

Dalam keterangan pada unggahan video tersebut dijelaskan pihak EO sudah dua kali melakukan pembatalan pemberangkatan study tour siswa. Awalnya pemberangkatan dijadwalkan 29 Mei 2023 namun diundur menjadi tanggal 8 Juni 2023. 

"Total sebanyak 288 siswa yang dijanjikan berangkat sekitar Kamis (8/6/2023) malam pukul 20.00 WIB tak juga bisa dipenuhi sehingga terjadi keributan saat pihak EO datang ke sekolah tak bisa memberi kepastian," tulis keterangan akun tersebut. 

Akhirnya, pihak sekolah menempuh jalur hukum dan kini pihak EO sudah diamankan ke Polsek Bekasi Utara untuk dimintai pertanggungjawaban. 

Pada Kamis (8/6/2023), para siswa dan orang tua siswa telah tiba di sekolah sejak sore hari dengan semangat untuk mengikuti acara study tour. Bahkan beberapa siswa telah menyiapkan koper dengan baju-baju untuk acara perpisahan dan studi tour ke Yogyakarta. 

Namun sayangnya, hingga larut malam, pihak MSB Group sebagai EO belum muncul dan tidak ada kendaraan bis yang siap membawa para siswa berangkat. 

Sontak unggahan itu pun menuai beragam komentar dari warganet. 

Baca Juga : Pasar Induk Among Tani Bakal Dilengkapi Internet, Ada 150 Titik

"Ponakan gua jadi korbannya juga ni, uda ke 2 kali gagal, dapat kabar katanya mau tetep berangkat tapi diundur lagi, kasian bocah-bocahnya udah pada girang dari sore udah ada yang disekolahan," tulis @4***. 

"Jangan tergiur dari murahnya ya," sambung @can*****. 

"EO-nya harus bertanggungjawab tuh, kalau ga jadi balikan uangnya saja enakan beli makanan kenyang tuh," ucap @muhammad.*****.

Berdasarkan keterangan kuasa hukum MAN 1 Bekasi Syamsudin, pihaknya akan menuntut secara perdata agar uang senilai hampir Rp 2 jura per siswa dikembalikan secara utuh. 

"Melaporkan pidana karena bagaiaman pun EO telah melakukan penipuan dan penggelapan. Kita juga menuntut secara perdata akan kerugian murid dapat dikembalikan. Kerugian kurang lebih Rp 400 juta. Pengembalian 7 hari setelah dia batalkan. Bayarnya Rp 2 juta kurang seribu," ujar Syamsudin, Jumat (9/6/2023). 


Topik

Peristiwa Gagal study tour MAN 1 Bekasi event organizer



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy