Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mengungkap Sosok Rajwa Al Saif, Wanita Arab Saudi yang Dinikahi Pangeran Yordania Al Hussein bin Abdullah II

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

03 - Jun - 2023, 12:09

Pangeran Yordania Al Hussein bin Abdullah II dan istri tercintanya, Rajwa Al Saif. (Foto dari internet)
Pangeran Yordania Al Hussein bin Abdullah II dan istri tercintanya, Rajwa Al Saif. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pangeran Yordania Al Hussein bin Abdullah II menikahi seorang gadis Arab Saudi bernama Rajwa Al Saif pada Kamis (1/6/2023). 

Usai dinikahi pangeran Yordania, nama Rajwa Al Saif mendadak jadi sorotan publik. Banyak pihak yang penasaran dengan sosok sebenarnya Rajwa Al Saif itu.

Baca Juga : Nunung Trending Topic Twitter, Diduga Gegara Jadi Pelakor yang Hina Istri Sah dan Pamer Suami Orang

Dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu (3/6/2023), istri langeran Yordania itu memiliki nama lengkap Rajwa Khaled bin Musaed bin Said bin Abdulaziz al-Saif.

Rajwa Al Saif ternyata bukan orang sembarangan. Dia memiliki hubungan keluarga dengan Raja Arab Saudi Al Saud. Ia terikat secara matrilineal dengan keluarga Al Sudairis, seperti Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Putri Kerajaan Yordania ini bukan hanya warga negara Saudi, tetapi juga memiliki hubungan keluarga dengan keluarga Kerajaan Saudi yang berkuasa. Dia terhubung dengan Al Saud melalui salah satu keluarga paling berpengaruh di Arab Saudi - keluarga Sudairis. Rajwa Al Saif adalah putri pengusaha Saudi, Khalid Al Saif, dengan sang ibu, Azza Al Sudairi.

Melalui ibunya, dia dapat melacak akarnya ke salah satu perempuan paling berpengaruh dalam sejarah Kerajaan Arab Saudi, yaitu Hussa bint Ahmed Al Sudairi, yang dikenal sebagai "ibu para raja".

Selama beberapa dekade, Sudairi Seven, kebanyakan sudah meninggal, dianggap sebagai pusat kekuatan dalam keluarga kerajaan Saudi.

Hussa bint Ahmed (1900-1969) adalah bibi buyut Rajwa Al Saif dan merupakan istri ketujuh pendiri Kerajaan Arab Saudi, Raja Abdulaziz.

Pernikahan mereka membantu memperkuat hubungan yang sudah erat antara keluarga penguasa Al Saud dan keluarga Sudairi terkemuka. Ibu Raja Abdulaziz, Sara bint Ahmed, juga berasal dari klan Sudairi.

Raja Abdulaziz, yang berkuasa dari tahun 1902 hingga kematiannya pada tahun 1953, diyakini memiliki sekitar 100 anak dari puluhan istri dan selir.

Dua di antaranya, Fahd dan Salman, memerintah sebagai raja Arab Saudi. Sementara dua lainnya, Sultan dan Nayef, menjadi putra mahkota.

Profil Rajwa Al Saif

Rajwa Al Saif lahir di Riyadh pada 28 April 1994, sebagai anak bungsu dari empat bersaudara. Ayah Rajwa, Khalid, adalah anggota Suku Subai, suku terkemuka di Semenanjung Arab dengan akar kuno. Dia juga pendiri El Seif Engineering Contracting, yang membangun menara kerajaan yang ikonik di Riyadh dan pencakar langit lainnya di Timur Tengah, seperti laporan Associated Press, Rabu (31/5/2023). Rajwa belajar arsitektur di Syracuse University di New York. Dia lulus dengan gelar sarjana pada tahun 2017.

Setahun sebelumnya, dia memimpin sebuah simposium arsitektur selama liburan musim semi di Dubai, Uni Emirat Arab, yang didanai oleh perusahaan ayahnya.

Hussa bint Ahmed adalah putri dari Ahmed bin Mohammed Al Sudairi, tokoh penting yang dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu orang terdekat Raja Abdulaziz selama penaklukan Arabia dan pendirian negara ketiga Kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga : Kisah Musikus Legendaris Iwan Fals: Sudah Bikin Lagu saat SMP, Album Pertama Gagal.dan Jadi Pengamen

Kakek Rajwa dari pihak ibunya, Abdulaziz bin Ahmed Al Sudairi, adalah saudara Hussa bin Ahmed yang dikenal sebagai "ibu para raja". Abdulaziz telah memimpin provinsi Al Jouf sebelum ditunjuk sebagai gubernur kota Al Qurayyat.

Seperti Al Saud, keluarga Al Sudairi berasal dari wilayah Najd di Arab Saudi. Silsilah mereka dapat ditelusuri kembali ke garis Badarin dari suku Al Dawasir yang lebih luas di Arabia. Suku ini dianggap sebagai suku "sharifian" atau bangsawan yang tinggal di pinggiran padang pasir Rub Al Khali sekitar tahun 1400.

Hampir 150 tahun kemudian, keluarga Al Sudairi memerintah Kota Al Ghat di Sudair, daerah di Najd barat laut Riyadh yang mengambil nama dari suku tersebut.

Dosen sejarah Ahmed Al Arf di Universitas Al Qassim, yang telah mempelajari dan menelusuri sejarah suku Al Sudairi, mengatakan bahwa keluarga ini memberikan kontribusi besar selama ketiga era negara-negara Arab Saudi.

Ahmed bin Mohammed Al Sudairi yang pertama adalah ayah dari Sara bint Ahmed yang menikah dengan Raja Abdulaziz.

Ahmed Al Sudairi yang kedua melahirkan Abdulaziz dan Hussa, keduanya akan memainkan peran melalui hubungan mereka dengan Raja Abdulaziz selama negara ketiga Arab Saudi," katanya dalam sebuah dokumenter.

Dengan latar belakang ini, pernikahan Rajwa Al Saif dengan Pangeran Mahkota Hussein di perbatasan Yordania telah menarik minat yang besar di Arab Saudi.

Pertunangan mereka berlangsung di rumah ayahnya di Riyadh pada bulan Agustus. Sementara pernikahan keduanya pada Kamis (1/6/2023) lalu. Tak tanggung-tanggung, pernikahan Al Hussein pun digadang akan menjadi perayaan pesta Kerajaan Hashemite atau Yordania terbesar dan termegah di tahun 2023.

Raja Abdullah II dan Ratu Rania Abdullah menggelar resepsi pernikahan di Istana Al Husseniya, dihadiri lebih dari 1.700 undangan dari berbagai negara, termasuk sejumlah kepala negara.

Tamu yang hadir dalam pernikahan di antaranya Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, Raja Belanda Willem-Alexander, Presiden Irak Abdul Latif Rashid, Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati, Putra Mahkota Kerajaan Kuwait Mishal Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden beserta ibu negara Jill Biden dan putri mereka, Ashley Biden.


Topik

Peristiwa Pangeran Yordania putri Arab Saudi pernikahan fenomenal


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy