Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Rektor UIN Maliki Malang Hadiri Gala Dinner PWN-PTK 2023

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

22 - May - 2023, 13:37

Rektor UIN Maliki Malang hadir langsung dalam Gala Dinner PWN PTK 2023 (istimewa)
Rektor UIN Maliki Malang hadir langsung dalam Gala Dinner PWN PTK 2023 (istimewa)

JATIMTIMES - Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, hadir langsung pada Gala Dinner Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama jajaran kwartir nasional gerakan pramuka, kwartir daerah gerakan pramuka Gorontalo dan perwakilan peserta pada Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke 16 tahun 2023, Minggu, (21/5/2023).

Dalam momen itu, Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM Zainuddin MA menyampaikan antusiasnya dengan adanya PWN PTK 2023. Menurutnya, PWN PTK menjadi wadah dalam pembinaan dan pengembangan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang berpangkalan di PTK.

Baca Juga : Usai Anjlok, Harga Emas Antam 2 Hari Terakhir Stabil

Pembinaan tersebut tentunya dengan pelatihan dalam mengasah kemampuan dalam berbagai aspek, khususnya dalam menjaga amanah dan kebhinekaan NKRI dalam bingkai moderasi beragama. 

1

Bukan hanya itu saja, menurutnya, kegiatan ini juga semakin memupuk jiwa patriotisme hingga sikap disiplin para Pramuka lebih meningkat lagi. "Dalam Pramuka juga diajarkan untuk menumbuhkan jiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan juga menjunjung tinggi nilai luhur bangsa," jelasnya.

Lebih lanjut, melalui momen inilah, para peserta juga dapat mengaktualisasi dan mengekspresikan potensi yang dimilikinya dalam meningkatkan kemandirian dan mendedikasikan serta memberikan kebermanfaatan karya dan baktinya kepada masyarakat.

"Semua ini tentunya selaras dengan Tri Bina Pramuka dan Tri Dharma Perguruan Tinggi," tuturnya.

Sementara itu,  Dirjen Pendis Kemenag RI Prof Muhammad Ali Ramdhani yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tema PWN PTK 2023 ini adalah "Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama".

Tema ini menjadi salah satu upaya Kementerian Agama dalam upaya memupuk dan menghadirkan kebersamaan guna menjaga NKRI di tengah perbedaan atau kemajemukan.
Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar dan mengutamakan persatuan dalam sebuah perbedaan.

Baca Juga : Peringatan Yadnya Kasada, Wisata Bromo Ditutup Total, Berikut Jadwalnya 

"Mengutamakan persatuan dalam perbedaan yang sebenarnya adalah ketentuan dari tuhan yang maha kuasa,"ungkapnya.

Hal ini juga menjadi tagline dalam setiap arah kebijakan yang diambil maupun dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam wirakarya pramuka di Bumi Perkemahan IAIN Gorontalo. Konteks perdamaian dalam bingkai moderasi menjadi sebuah hal yang harus dipahami juga secara teoritis oleh Pramuka.

"Ini harus bisa jadi pedoman hidup sehari-hari dalam berbangsa dan beragama," pungkasnya.


Topik

Pendidikan uin maliki malang rektor uin maliki malang pwn ptk 2023


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana