Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Uji Narkoba sebelum Rilis, Wali Kota Malang Sutiaji Apresiasi Polresta Malang Kota

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

29 - Mar - 2023, 14:27

Placeholder
Anggota BNN (berkerudung, tengah) saat menguji narkotika jenis sabu sebelum dirilis Polresta Malang Kota. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)


JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi transparansi Polresta Malang Kota saat merilis hasil Operasi Pekat 2023, Rabu (29/3/2023). Saat rilis tersebut, barang bukti sabu dicek kebenarannya terlebih dulu oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

Menurut Sutiaji, hal tesebut merupakan bentuk transparansi yang dilakukan kepolisian saat merilis hasil operasi. Terlebih hasil operasi tersebut disampaikan kepada masyarakat melalui media massa.

Baca Juga : Premanisme Masih Hantui Kota Malang, 11 Hari Ada 513 Kasus Tindak Kejahatan

“Terima kasih (Polresta Malang Kota), ini bentuk transparansi. Tadi pemusnahan dicek juga semua,” kata Sutiaji usai rilis Operasi Pekat 2023 di halaman depan Gedung Sanika Satyawada Mapolresta Malang Kota.

Apa yang dilakukan Polresta Malang Kota ini, menurut Sutiaji, sangat baik. Hal itu bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga negara.

“Ayo dibangun kepercayaan masyarakat kepada lembaga-lembaga negara. Ada kepolisian, ada kejaksaan, ada kodim, ketua PN yang mengawal proses-proses di tingkat masyarakat,” ucap Sutiaji.

Pada rilis Operasi Pekat 2023 ini, Sutiaji mengungkapkan perasaannya yang senang tapi bercampur sedih. Senangnya, Polresta Malang Kota berhasil memberantas kriminalitas kafena banyak sekali angka kriminalitas yang di Kota Malang dalam dua minggu terakhir.

“Senangnya, Pak Kapolresta sudah menjalankan tusi yang luar biasa. Penegakan hukum memang harus ditegaskan. Negara kita akan wibawa ketika kita menjadi penegak hukum tidak tebang pilih dan kerja dengan baik,” ungkap Sutiaji.

“Tapi prihatinnya, dalam jeda waktu hanya dua minggu, sudah terjaring begitu banyak. Maka saya minta  seluruh komponen masyarakat, termasuk teman-teman media, jangan ada keraguan bagi masyarakat ketika ada tindak pidana yang terjadi di masyarakat. Segera lapor ke instansi terkait,” imbuh Sutiaji.

Diberitakan sebelumnya, dalam Operasi Pekat 2023, Polresta Malang Kota berhasil mengungkap lebih dari 500 kasus. Dalam gelaran konferensi pers ini, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto memaparkan secara rinci jenis kejahatan yang berhasil diungkap.

Baca Juga : Kembali Jalani Persidangan, Terdakwa Perusakan Stadion Kanjuruhan Dituntut 6 Bulan Penjara

“Selama kita melaksanakan Operasi Pekat Semeru 2023, sebanyak 513 kasus berhasil diungkap. Di antaranya 17 kasus merupakan target operasi dan 497 kasus bukan target operasi,” ungkap Budi Hermanto.

Perwira  berpangkat tiga melati di pundaknya itu merinci ada 412 kasus premanisme, 45 kasus prostitusi, 47 kasus miras, 1 kasus handak (bahan peledak), 9 kasus narkoba, dan 1 kasus judi. Berdasarkan kasus tersebu t polisi berhasil mengamankan 514 tersangka dengan rincian 17 tersangka target operasi dan 497 tersangka menjalani pembinaan.

Polresta Malang Kota juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya yakni botol miras berbagai jenis dan merk, bahan peledak, sabu, ganja, pil, handphone hingga mobil.

“Dari seluruh kasus yang kami ungkap, barang bukti yang berhasil kami amankan yaitu sejumlah uang yang senilai 4.352.000. Lalu ada 972 botol miras jenis arak, 1.300 botol miras dari berbagai merek, 5 kilo bahan peledak berupa bubuk mercon, 400,61 gram sabu, 21,444 ganja, 655 double L, 7 unit handphone, 1 unit mobil sedan Mazda Famillia, dan 2 unit motor,” beber polisi yang akrab disapa Buher itu.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Kasus Narkoba Operasi Pekat 2023 Polresta Malang Kota Wali Kota Malang Sutiaji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy