Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Komunitas

Punya Barang Bekas tapi, Masih Layak Pakai? Jual Aja ke Komunitas Rombengan Online Batu (ROB)

Penulis : Shalma Defitrania Jaksana - Editor : A Yahya

20 - Mar - 2023, 17:11

Placeholder
Anggota Komunitas ROB Bersama Egi Suryana. (Foto: fb@M Hasan Abdillah)

JATIMTIMES - Punya barang barang bekas atau tidak layak pakai, jangan dibuang. Daripada dibuang, lebih baik diloakka  atau dijual di barang-barang bekas.

Nah readers tau gak si kalau di Kota Batu terdapat komunitas rombengan?. Komunitas ini bernama ROB (Rombengan Online Batu). ROBmerupakan komunitas yang bergerak pada jual beli barang bekas melalui situs online dan bertempat di Jln. Semeru 17, Kota Batu.

Baca Juga : Produksi Bahan Peledak, Dua Pemuda Blitar Ditangkap Polisi Tulungagung

Komunitas Rombengan Online Batu (ROB) ini menjadi komunitas jual beli online terbesar sekota Batu. Komunitas ini tidak memiliki struktur organisasi namun komunitas ini didirikan oleh Gandhi Ario Kusuma pada 17 Januari 2014. 

Dalam komunitas ROB dari awal berdiri sampai sekarang sudah memiliki banyak anggota yakni sekitar 381.063 orang. Meskipun komunitas Rombengan Online Batu (ROB) ini memiliki nama yang identik dengan barang-barang bekas namun yang dijual dalam platfromnya bukan hanya barang-barang bekas melainkan dapat berupa baju, sepatu, gadget yng baru sampai jual beli tanah dan bangunan. 

Sehingga dapat dikatakan bahwa komunitas ini sama halnya seperti platform jual beli online lainnya namun yang membedakan dalam komunitas ini memiliki akun komunitas grub seperti facebook dan instagram yang dikelola khusus untuk menjual barang-barang bekas maupun baru. Adanya komunitas ROB yang menyediakan platform jual beli online khususnya pada media facebooknya yang dapat diakses dengan mudah oleh siapapun boleh berjualan di situsnya dan adanya situs tersebut membuat para makelar bebas untuk eksis dan berekspreksi di dalam komunitas ROB. 

Dalam komunitas Rombengan Online Batu (ROB) ini memiliki kegiatan yang dilakukan oleh para anggotanya seperti pada umumnya posting memposting barang-barang yang ingin dijual. Namun jika dari anggota komunitas ini tidak memiliki tugas apa yang ingin dijual mereka bisa melakukan kegiatan nyabar (nyari barang) jualan yang diinginkan. Dalam kegiatan ini dseperti memposting di akun grub jualan dengan #nyabar disertai dengan gambar barang apa yang diinginkan. Sehingga otomatis akan menarik dari penjual lainnya untuk menawarkan barangnya di room chat maupun komentar postingan tersebut.

Baca Juga : Polsek Pitu Amankan Pelaku Bawa Miras Arak Jowo

Dalam komunitas ROB yang berkecimpung di dunia situs tidak hanya tentang perjual beli barang saja, namun komunitas ROB juga menawarkan jasa online pesanan makanan dan minuman online yang ditawarkan oleh anggota komunitas ROB ini dan komunitas ini membrandol harga murah dengan tambahan jasa kirim dan gratis ongkir kirim di area Kota Batu. Komunitas ini juga sering mengikuti aksi-aksi bakti sosial dan pembahian semboka. Karena dari berapa persen hasil jual beli online komunitas ini menyalurkan ke orang-orang yang kurang mampu.


Topik

Komunitas Rombengan online rob Gandhi Ario Kusuma



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Shalma Defitrania Jaksana

Editor

A Yahya