Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Plt Muhadjir Effendy Resmi Menerima Jabatan Menpora dari Zainudin Amali

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Mar - 2023, 15:58

Placeholder
Momen penyerahan jabatan Menpora Zainuddin Amali ke Plt Muhadjir Effendy. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Zainudin Amali resmi melepaskan jabatan Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) RI. Amali menyerahkan jabatan Menpora kepada Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt).

Adapun acara serah terima jabatan Menpora digelar di gedung Kemenpora, Jaksel, Kamis (16/3/2023). Dalam sambutannya, Amali bercerita panjang lebar mengenai perjalanannya sebagai Menpora.

Baca Juga : Study Empiris 2023 PPM-SMA Surya Buana di Jogjakarta

Pada kesempatan itu, Amali juga meminta maaf kepada seluruh pihak jika terdapat kekeliruan selama menjabat. Selain itu, Amali menyampaikan ucapan selamat datang kepada Muhadjir Effendy.

"Selamat datang Prof Muhadjir Efendy sebagai Plt Menpora," kata Amali.

Sementara, Muhadjir mengapresiasi kerja keras Amali selama menjabat sebagai Menpora. Muhadjir menyebut banyak prestasi yang telah diukir oleh Amali.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Zainudin Amali yang mengemban tugas Menpora dengan penuh pengabdian penuh prestasi dan penuh dengan tanggung jawab selama memimpin Kemenpora ini," ujar Muhadjir.

"Dan memang saya selaku Menko yang salah satunya mengkoordinasikan fungsi dan tugas dari Kemenpora, saya menyaksikan dengan mata kepala sendiri betapa luar biasa prestasi yang telah diukir Bapak Zainudin Amali," imbuh Muhadjir.

Usai menyampaikan sambutan, keduanya melakukan prosesi penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Sebelumnya Amali telah mengantarkan surat pengunduran diri sebagai Menpora kepada Mensesneg Pratikno pada Kamis (9/3) lalu. Dia menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai posisi Menpora kepada Presiden Jokowi.

"Saya baru saja ketemu Pak Mensesneg, saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dan itu masih berupa surat memang saya harus ketemu dengan Pak Presiden," kata Amali kepada wartawan di Kemensetneg, Jakarta Pusat.

Baca Juga : Hebat, Ustaz di Sorong Ini Rangkap 3 Jabatan di Muhammadiyah, NU dan MUI, Dapat Pujian dari Kiai NU 

Saat ditanya soal penggantinya, Amali mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan prerogatif Jokowi. Namun pada intinya, kata Amali, dia ingin fokus mengurusi sepakbola di PSSI.

"Ya nggak lah, itu hak untuk penggantinya hak prerogatif bapak presiden, jadi sebagaimana yang pernah sudah saya sampaikan beberapa waktu lalu secara informal, secara lisan, saya sudah menyampaikan kepada Bapak Presiden, saya akan fokus dan berkonsentrasi untuk mengurus salah satu cabang olahraga," ujar Amali.

Lalu pada Senin (13/3) lalu, Amali telah bertemu dengan Jokowi. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyetujui pengunduran diri Amali.

"Penggantinya ditunggu saja," kata Jokowi melalui kanal YouTube Setpres, Senin (13/3/2023).

Pada saat itu, Jokowi mengatakan akan segera memutuskan siapa pengganti Amali. Namun, saat ini dia sudah menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Plt Menpora.

"Nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di Plt-kan. Plt-nya Pak Menko PMK," ungkapnya.


Topik

Peristiwa Menpora muhadjir effendy kabimet



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni