Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

4 Hal yang Dilaknat Allah dan Malaikat-Nya, yang Kedua Mengejutkan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

15 - Mar - 2023, 12:42

Ilustrasi umat yang memohon ampunan (pixabay)
Ilustrasi umat yang memohon ampunan (pixabay)

JATIMTIMES - Manusia sejatinya menjadi makhluk Allah SWT yang harus taat dan menjalankan segala perintah-Nya.
Tentu, hal ini juga termasuk menjauhi hal-hal yang dilaknat Allah SWT maupun malaikatnya. Maka dari itu, manusia harus berhati-hati terhadap hal-hal tersebut. 

Lantas apakah hal-hal yang dilaknat Allah SWT dan Malaikat -Nya itu ?.

Baca Juga : Tim Lomba Desa Lakukan Penilaian, Ngawonggo Bertekad Datangkan Investor

Diolah dari IslamPos, terdapat 4 hal yang dilaknat Allah SWT, begitupun dengan malaikat -Nya. Malaikat sendiri, memiliki kehendak, yang itu tetap atas perintah Allah SWT. Begitu Allah memberikan sebuah perintah. 

Begitu makhluk Allah tak mendapati perintahnya, maka Allah akan mengutus malaikat untuk melaknat mereka - mereka yang melanggar dengan hukuman yang setimpal.

4 hal yang dilaknat Allah dan Malaikat-Nya, 

1. Mencaci maki sahabat Rasulullah.

Hal ini telah banyak dijelaskan dalam berbagai sumber. Dari buku Talbis Iblis karya Ibnul Jauzi dengan pentahqiq Syaikh Ali Hasan al-Halabi, dalam ash-Shahihain disebutkan, dari Rasulullah SAW bersabda:

"Janganlah kalian mencela para Sahabatku. Karena sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian menginfakkan emas sebesar Gunung Uhud, itu tidak sebanding dengan satu mud yang diinfakkan oleh salah seorang dari mereka, bahkan tidak juga setengahnya."

2. Istri yang tidak memenuhi ajakan suami. 

Hal itu tentunya berkaitan dengan kewajiban seorang istri kepada suaminya. Dalam hadits riwayat Bukhari, "
Jika seorang istri meninggalkan tempat tidur suaminya, maka ia dilaknat oleh para Malaikat hingga ia kembali".

3. Wanita yang keluar rumah tanpa seizing suaminya.

Baca Juga : Netizen Kecam Tindakan Perekam Video Wanita Sakit di Kereta

Hal ini juga telah ditegaskan dalam hadits riwayat Ibnu Abu Syaibah, "Hak suami atas istrinya adalah istrinya tidak keluar rumah kecuali atas izinnya; jika tetap keluar rumah maka Allah, malaikat pembawa rahmat, dan malaikat pembawa murka akan melaknatnya sampai ia bertobat dan kembali pulang".

4. Mengacungkan besi kepada saudaranya.

Hal ini tentunya menjadi perbuatan yang tak patut untuk dilakukan. Mereka yang melakukan hal ini tentunya terpengaruh oleh setan. Bahkan, setan bisa menyesatkan hingga membuatnya membunuh saudaranya.

Hadits nya pun jelas. "Barangsiapa yang mengacungkan besi kepada suadaranya, maka para malaikat melaknatnya. Sekali pun saudranya itu saudara sebapak dna seibu (sekandung)" (HR Muslim).


Topik

Agama Laknat Allah Rasulullah SAW


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya