Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Polisi Tetapkan 5 Tersangka Ledakan Bahan Mercon di Blitar, 1 Orang Masih DPO

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Mar - 2023, 15:14

Placeholder
Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono memberikan keterangan pers kepada watawan. (Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES- Kepolisian Resort (Polres) Blitar Kota resmi menetapkan lima tersangka dalam kasus ledakan bahan mercon di Kabupaten Blitar. Kasus ledakan tersebut terjadi di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok pada 19 Februari 2023 lalu. 

Informasi yang diterima JATIMTIMES dari kepolisian, lima tersangka ledakan bahan petasan di Blitar itu terdiri dari empat orang yang menjadi korban meninggal dunia dan satu orang yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Baca Juga : Mantan Wapres Budiono dan Wali Kota Santoso Kompak Apresiasi Festival Batik Blitar Keren

Saat diwawancarai awak meda, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan, dalam kasus ini penyidik telah memeriksa 21 saksi dan melakukan gelar perkara. Hasil gelar perkara menyatakan ditemukan cukup bukti serta dapat  dilakukan penetapan sebagai tersangka terhadap lima orang tersebut. 

"Lima orang tersangka itu terdiri dari empat korban yang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut  dan satu orang berstatus DPO yang sampai saat ini masih kita buru," kata Argo, Selasa (14/3/2023).

Argo menambahkan, satu orang yang kini berstatus DPO diduga kuat berperan sebagai penyuplai bahan petasan. Peran lain dari tersangka adalah menyuruh keempat orang lainnya untuk meracik bahan petasan. 

"Yang DPO ini diduga kuat adalah yang menyuruh dan menyuplai bahan kepada tersangka lainnya sekaligus yang menjadi korban untuk meracik bahan petasan. Hal tersebut seperti analisa awal merupakan permintaan pembuatan petasan jelang Ramadan," pungkas Argo.

Diberitakan sebelumnya, tragedi ledakan Sadeng terjadi pada 19 Februari 2023 malam. Kuat dugaan ledakan berasal dari bahan pembuat mercon yang diracik di rumah salah satu korban di Dusun Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Masih SMP, Anak Lilis Karlina Ditangkap Polisi Gegara Edarkan Obat-Obatan Terlarang

Ledakan tersebut mengakibatkan  empat orang tewas. Masing-masing pemilik rumah Darman dan kedua anaknya Arifin (28) dan Deni Widodo (23) serta adik ipar Arifin, BN (17).

Selain empat korban meninggal dunia, ledakan Sadeng juga mengakibatkan puluhan orang luka-luka dan puluhan rumah rusak.


Topik

Hukum dan Kriminalitas ledakan bahan petasan Blitar tersangka update DPO



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri