Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

Gelar Konsolidasi Akbar, PDI Perjuangan Bertekad Kuasai Kursi di Dewan

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

14 - Mar - 2023, 12:57

Placeholder
Plh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jatim Budi Sulistyono bersama bupati- wabup dan ketua DPRD Banyuwangi saat ngobrol bareng beberapa kepala desa di lapangan tenis indoor GOR Tawangalun Banyuwangi. (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  Provinsi Jawa Timur (DPD PDIP Jatim) menggelar acara  konsolidasi akbar yang menghadirkan ribuan pengurus dan kader se-Daerah Pemilihan (Dapil) III Jatim (Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso). Kegiatan berlangsung di lapangan tenis indoor GOR Tawangalun Banyuwangi, Senin (13/3/2023).

Agenda konsolidasi akbar tersebut dihadiri Plh Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Budi Sulistyono dan jajaran, pasangan Bupati-Wakil Bupati  Banyuwangi Ipuk Fiestiendani-H. Sugirah, Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi I Made Cahyana Negara dan jajaran, serta pengurus PAC se-Banyuwangi

Baca Juga : Sederet Fakta Rektor Udayana Bali Jadi Tersangka Dugaan Korupsi SPI 

Hadir pula anggota DPR RI asal Banyuwangi Sonny T. Danaparamita, anggota DPRD Provinsi Jatim serta pimpinan dan anggota Fraksi PDI Perjuangan yang ada di DPRD Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Menurut Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jatim Budi Sulistyono yang akrab disapa Kanang, pelaksanaan konsolidasi ini penting dan strategis untuk pemenangan dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Konsolidasi ini sebenarnya bagaimana kita mengevaluasi diri. Kita yang telah mendapatkan kepercayaan dari rakyat. Tentunya janji politik atau PR yang belum terlaksana selama 4 tahun ke belakang agar dapat diselesaikan tepat waktu sebelum masa kampanye Pemilu 2024,” kata Kanang.

Menurut mantan bupati Ngawi itu, konsolidasi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan komunikasi dan kolaborasi mesin politik partai. Baik kader yang menjadi kepala daerah, ketua DPRD, hingga anggota DPR berbagai tingkatan harus dapat berkomunikasi aktif.

“Kita juga instruksikan untuk menambah energi mesin politik baru, baik dari komunitas-komunitas, keluarga kepala desa atau kepala desanya sendiri. Mereka tidak boleh berpolitik tapi punya suara yang boleh disalurkan ke mana saja,” imbuhnya.

Kanang juga optimistis PDI Perjuangan kabupaten/kota di Jatim bisa mencetak sejarah dengan menjadi pemenang kali ketiga (hat-trick) dalam Pemilu 2024 mendatang. “Untuk Banyuwangi dari 12 ditargetkan 21 kursi.  Jatim sendiri dari 27 menjadi 45 kursi,” tambah Kanang.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi I Made Cahyana Negara mengatakan bahwa para kader PDI Perjuangan Bumi Blambangan tidak hanya fokus untuk meraih kemenangan, tetapi juga meraih target kursi sebanyak-banyaknya.

“Banyuwangi tidak target hat-trick lagi, tetapi sudah quat-trick kemenangan empat kali berturut-turut. Bukan hanya sekedar menang, tetapi perolehan kursi harus naik,” ujarnya.

Baca Juga : Baruna Airlangga Sampaikan Pesan Pesta Demokrasi Tetap Jaga Persatuan 

Untuk mewujudkan harapan tersebut , jajaran pengurus dan kader PDI Perjuangan harus solid dan bergotong royong, bergerak ke bawah hingga ke kampung-kampung untuk menyerap aspirasi dan mewujudkannya, serta menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat melalui berbagai kebijakan.

Selanjutnya  Bupati Banyuwangi sekaligus  kader PDI Perjuangan Ipuk Fiestiandani mengungkapkan kemenangan adalah keniscayaan apabila semua kader solid bergerak bersama dan tidak saling menjatuhkan.

“Pegerakan kader perlu diatur dan tidak berjalan sendiri-sendiri agar berjalan manis dan indah, tidak sikut-sikutan antar-kader sehingga nanti akan ada penambahan kursi yang adil. Target kemenangan dan penambahan kursi pun dapat tercapai,” ujar Ipuk.

Bupati Ipuk menambahkan  mendapatkan amanat sebagai kepala daerah sekaligus petugas partai mempunyai tugas dan terus berkomitmen untuk menyelesaikan amanat jabatan sebaik-baiknya.

“Program dan kebijakan yang prorakyat pastinya dapat menambah elektabilitas partai. Untuk Pilbup 2024 mendatang “no comment”. Kita fokus dulu pada pemilu dan pilpres” pungkas Bupati Ipuk.


Topik

Politik PDIP PDIP Banyuwangi konsolidasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy