Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Dion Wiyoko hingga Ernest Prakasa Bagi Tips Berbisnis di OPPO Creativepreneur Corner 2023

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Dede Nana

12 - Mar - 2023, 09:27

Placeholder
Dion Wiyoko saat menjadi salah satu pemateri dalam OPPO Creativepreneur Corner 2023 (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Setelah menyapa total 4 juta anak muda Indonesia di tahun-tahun sebelumnya, rangkaian Creativepreneur dalam tajuk OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI sukses diselenggarakan di Kota Malang,Sabtu, 11 Maret 2023 di Ijen Suites Resort & Convention.

OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI merupakan sebuah talkshow yang menghadirkan berbagai figur-figur inspiratif untuk berbagi pengalaman, khususnya di industri kreatif kepada para calon entrepreneur muda Indonesia dan diselenggarakan secara rangkaian di 3 kota yaitu Makassar (25 Februari 2023), Medan (4 Maret 2023), dan Malang (11 Maret 2023).

Baca Juga : Viral, Laporannya Diabaikan Selama 4 Tahun, Pria ini Berikan Kue Ulang Tahun pada Polrestabes Medan

OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Malang menghadirkan para figur inspiratif sebagai pembicara, seperti aktor & entrepreneur Dion Wiyoko dan CMO OPPO Indonesia Patrick Owen untuk mengisi sesi pertama.

Di sesi kedua, hadir CEO & President AT PT Bakrie & Brothers Anindya Novyan Bakrie dan Chairman of AVGI & Founder of ONIC ESPORTS Rob Clinton serta di sesi ketiga hadir Komedian & Filmmaker Ernest Prakasa dan Entrepreneur & Content Creator Arief Muhammad. 

Acara ini disambut antusias anak muda Malang, di mana terdapat lebih dari 1.000 explorer (sapaan untuk para peserta OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI) yang memiliki kesamaan minat di bidang entrepreneurship, khususnya di industri kreatif.

Persentasi Dion di sesi pertama menandai dimulainya OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di kota Malang. Dalam kesempatannya, Dion menceritakan bagaimana relasi memiliki peran penting dalam usahanya membangun bisnis di dunia kuliner. Baginya, dengan relasi maka ia bisa menggabungkan nilai masing-masing pihak untuk memperluas kehadiran produknya. 

"Networking harus sangat digunakan. Selain memasarkan dengan baik, bantuan networking akan memperluas sebaran produk kita. Networking juga yang membuat saya juga terjun di dunia F&B, di mana teman saya memang punya skill di dunia F&B,” kata Dion.

Dalam sesi yang sama, CMO OPPO Indonesia Patrick Owen menceritakan di mana inisiatif OPPO selalu berangkat dari nilai utama perusahaan yaitu “Inspiration Ahead” yang bertujuan untuk terus meningkatkan teknologi pada industri dan menciptakan masa depan yang lebih baik melalui inovasi yang berkelanjutan.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu pengurangan plastik untuk pengemasan produk. “Ini bukan cuma masalah cost, it’s a mindset. Good product adalah yang longlasting dan sustain, produk yang tahan lama pun adalah sebuah bentuk sustainability,” kata Patrick yang kemudian disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh explorer.

Selanjutnya pada sesi kedua, giliran CEO & President AT PT Bakrie & Brothers Anindya Novyan Bakrie membawakan materinya mengenai potensi industri yang berkelanjutan. Materi  kemudian dilanjutkan Chairman AVGI & Founder ONIC ESPORTS Rob Clinton.

Baca Juga : Inflasi Kota Kediri Bulan Februari Masih Terkendali

Sesi ketiga kemudian dibuka oleh Entrepreneur & Content Creator Arief Muhammad. Sebagai sosok yang telah membuka banyak lapangan pekerjaan dengan segudang bisnis yang dimilikinya, Arief mengaku memulai perjalanan karirnya dari Twitter. Usai Arief Muhammad, Komedian & Filmmaker Ernest Prakasa melanjutkan sesi ketiga dengan kisah mengapa ia menjadi stand up comedian.

OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI telah menyelesaikan rangkaiannya di kota Malang. Melalui tiga rangkaian OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI di Makassar, Medan, dan Malang, pihak OPPO dan BNI berharap dapat menunjukkan komitmen sebagai perusahaan yang terus berupaya memanfaatkan dan mendukung kreativitas anak bangsa melalui semangat wirausaha tanpa mengecualikan usaha untuk menghadirkan planet bumi yang lebih hijau.

Hal ini dapat diupayakan melalui pemanfaatan teknologi dan inovasi serta kolaborasi antara berbagai pihak untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan yang selaras dengan pertumbuhan ekonomi.

Khususnya di kota Malang, bentuk kolaborasi ini juga diimplementasikan OPPO Creativepreneur Corner 2023 Powered by BNI bersama dengan Buangdisini, sebuah waste management startup yang mengembangkan ekosistem pengelolaan sampah terpadu untuk menciptakan kota yang bersih dan berkelanjutan.

Kolaborasi ini fokus dalam hal pengelolaan sampah plastik selama acara berlangsung di mana nantinya, sampah tersebut akan akan dikelola lagi untuk dapat mengupayakan ekonomi yang sirkular di masyarakat serta menjadi limbah yang produktif.


Topik

Ekonomi oppo creativepreneur corner 2023 ernest prakasa dion wiyoko bni



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Dede Nana