Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jokowi Ucapkan Selamat Pada Xi Jinping yang Jadi Presiden China 3 Periode

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

11 - Mar - 2023, 12:45

Placeholder
Unggahan Jokowi saat berikan ucapan selamat pada Presiden China, Xi Jinping. (Foto dari Instagram @jokowi)

JATIMTIMES - Xi Jinping resmi ditetapkan sebagai Presiden China untuk periode ketiganya. Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada Xi.

"Selamat Presiden Xi Jinping atas terpilihnya lagi sebagai Presiden Republik Rakyat China," tulis Jokowi dalam akun Instagram-nya, Sabtu (11/3/2023).

Baca Juga : RUU Larangan Penggunaan TikTok di AS Segera Disahkan, Benarkah?

Ucapan selamat dari Jokowi untuk Xi itu dituliskan dalam bahasa Inggris. Tak hanya ucapan, Jokowi juga mengunggah foto saat dirinya bersalaman dengan Xi.

Dalam postingan itu juga, Jokowi mengajak Xi untuk melanjutkan dan memperkuat kerja sama demi kesejahteraan bersama. Tak hanya itu, Jokowi juga mengajak Xi terus menjaga perdamaian kawasan.

Unggahan Jokowi

"Sebagai mitra strategis, mari kita lanjutkan penguatan kerja sama untuk kesejahteraan kedua negara dan melanjutkan kontribusi untuk perdamaian kawasan dan stabilitas," ujarnya.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya di AFP dan Channel News Asia Jumat (10/3), nyaris 3.000 anggota parlemen China, atau yang disebut Kongres Rakyat Nasional (NPC), secara bulat memilih Xi sebagai Presiden China dalam pemilu yang tidak ada kandidat lainnya.

Voting itu dilakukan rapat tahunan NPC yang digelar di Alun-alun Besar Rakyat di Beijing sejak akhir pekan lalu.

Baca Juga : Tahun 2023, Wali Kota Malang Sutiaji Optimistis Nilai Investasi Naik Dua Kali Lipat

Penetapan Xi sebagai Presiden China untuk periode ketiga oleh NPC itu dilakukan setelah dia dikukuhkan untuk menjabat lima tahun ke depan sebagai Ketua Partai Komunis China dan pemimpin militer China -- dua posisi kepemimpinan paling signifikan dalam politik China -- pada Oktober tahun lalu.

Dalam rapat NPC itu, Xi yang berusia 69 tahun juga menerima dukungan suara yang bulat untuk menjabat periode ketiga sebagai Ketua Komisi Militer Pusat China. Pencalonan Xi untuk menjabat lima tahun ke depan dalam periode ketiga dimungkinkan setelah perubahan dilakukan terhadap Konstitusi China tahun 2018 lalu, yang menghapuskan batasan masa jabatan.


Topik

Peristiwa Xi Jinping cina perang jokowi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya