Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Cegah Terjadinya Tindakan Mesum, DPRD Kota Malang Usulkan Pasang PJU hingga Siagakan Personel

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

06 - Mar - 2023, 20:02

Placeholder
Area pedestrian di Jl. Besar Ijen.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Persoalan kursi taman di area pedestrian Jl. Ijen menuju Jl. Simpang Balapan masih menjadi serius. Hal itu imbas ulah dua oknum remaja yang bermesraan di area tersebut hingga viral di media sosial. 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang mengusulkan agar di area tersebut ditambah lampu penerangan. Hal itu dinilai sebagai solusi untuk mencegah tindakan serup kembali terjadi. 

Baca Juga : Panggil DLH Soal Kursi Taman Ijen, DPRD Kota Malang: Sepakat Tidak Akan Dilepas

Apalagi, kawasan tersebut sangat minim penerangan dan terkesan remang-remang pada malam hari. Catatan media ini, setidaknya sudah sebanyak 3 kali kursi di area tersebut harus disegel karena tindakan seperti itu. 

"Dengan adanya penambahan lampu PJU nanti, InsyaAllah masyarakat yang selama ini menggunakan kursi itu untuk hal-hal yang tidak bagus akan teratasi," ujar Ketua Komisi C DPRD Kota Malang Fathol Arifin. 

Hal tersebut dibahas saat pihaknya melakukan audiensi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Senin (6/3/2023) siang. Dalam pertemuan tertutup itu, didapati kesepakatan bahwa kursi tak akan dilepas seperti yang dikabarkan sebelumnya. 

"Sehingga tetap, tidak akan ada pelepasan maupun penggantian kursi di sana. Kami akan menolak jika nanti ada penggantian kursi," imbuh Fathol. 

Selain memasang PJU, pihaknya juga mendorong agar DLH Kota Malang bisa bersinergi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Yakni untuk menyiagakan personel di area tersebut. 

"Sehingga ada pencegahan ketika ada petugas yang mengawasi di kursi kursi taman itu," jelasnya. 

Baca Juga : 3 Kapolsek dan Sie Humas Polres Tulungagung Dapat Reward, Ini Prestasinya

Pihaknya juga mengusulkan agar ada pemasangan kamera CCTV di kawasan tersebut. Dirinya menilai, keberadaan CCTV tidak hanya difungsikan untuk memantau tindakan yang mengarah ke asusila saja. Namun juga potensi pelanggaran lalu-lintas. 

"Itu juga akan menjadi usulan kami, jadi agar disiapkan CCTV pemantau di kursi kursi taman Jalan Ijen. Kami tadi juga usul di sana ada (pengeras) suara pengejut atau semacamnya. Tapi itu juga perlu anggaran," terangnya. 

Menyikapi hal tersebut, Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya mengatakan bahwa sebenarnya terkait kabar pelepasan kursi di area itu, sampai saat ini masih dalam kajian. Sedangkan CCTV bukan termasuk dalam hal yang dikaji. 

"Itu (CCTV) tidak masuk dalam beberapa proses kajian, tidak mengarah ke sana. Cuma ada (opsi) penambahan penerangan hingga merubah bentuk tapi tanpa menghilangkan nilai manfaat untuk masyarakat. Tapi itu masih dikaji," jelas Rahman. 


Topik

Pemerintahan dprd kota malang dlh kota malang kursi ijen



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana