Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Karateka Asal Sidoarjo Jadi Juara Umum di Karate Festival and Open Turnamen FORKI Kota Malang

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

06 - Mar - 2023, 18:52

Placeholder
Momen gelaran Karate Festival and Open Turnamen di GOR Ken Arok, Kota Malang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ribuan karateka ramaikan kejuaraan Karate Festival and Open Turnamen tingkat Nasional yang digelar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kota Malang sejak Minggu (5/3/2023). Event tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-109 Kota Malang.

Dalam kejuaraan yang diikuti sebanyak 80 kontingen tersebut mempertandingkan beberapa kategori usia dan nomor yang dipertandingkan, mulai pra-usia dini (mulai usia 6 tahun ke bawah) putra dan putri, baik Kata maupun Kumite.

Baca Juga : Tim Basket Putra SMA 1 Glagah Raih Juara Banteng Basketball Cup 2023

Ketua FORKI Kota Malang Supardi mengatakan, kejuaraan Festival And Open Tournament Piala Wali Kota Malang ini diikuti sebanyak hampir 3000 karateka dari seluruh Jawa timur, Jogja Bali, NTB, NTT untuk memperebutkan juara Piala Wali Kota Cup.

“Event ini pesertanya ada sebanyak 1.700 karateka untuk kelas festival. Untuk kelas open itu ada sekitar 980 karateka, jadi total ada 2.680 peserta. Jumlah itu melebihi target, kami menargetkan total 1.700 peserta,” ucap Supadi, Senin (6/3/2023).

Menurut Supardi, event ini penting sebagai ajang kompetitif bagi atlet muda baik di Kota Malang maupun di sejumlah daerah. Selain menambah jam terbang juga sebagai persiapan untuk gelaran Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023, dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, maupun pekan Olahraga Nasional.

“Kita (FORKI Kota Malang) sebagai tuan rumah menurunkan 85 atlet yang akan bertanding di kategori kata dan kumite. Seluruh atlet tampil maksimal mengerahkan semua kemampuan untuk mendapatkan hasil terbaik,” jelasnya.

Supardi menjelaskan, event ini sangat penting bagi atlet FORKI Kota Malang untuk memberikan kompetisi untuk persiapan menuju Porprov Jatim VIII yang akan digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kota/Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Jombang.

“Kejuaraan ini sangat penting bagi atlet kami. Selain untuk persiapan Porprov, juga sebagai sarana menambah jam terbang dan uji kemampuan dengan darah lain bagi atlet muda kami, agar menumbuhkan semangat kompetitif buat anak anak,” tegasnya.

Baca Juga : Pengkab Ikasi Banyuwangi Gelar Latgab Dua Pekan Jelang Kejurkab dan Kejurprov Anggar Antar Pelajar U-18 Jawa Timur

Sementara, salah satu Atlet FORKI Kota Malang yang turun di dua kelas kategori Kata, Ganes Danastri Pratista Aura Afra mengaku bahwa dalam kompetisi Festival dan Open Turnamen Piala Wali Kota Malang ini berlangsung ketat dan kompetitif, karena untuk bisa mencuri angka dari lawan bukan perkara yang mudah.

“Kejuaraan ini persaingannya sangat berat, peserta dari daerah lain jago-jago. Tapi ya saya tadi main lepas saja. Hasilnya Alhamdulillah tapi masih bisa ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Sebagai informasi, dalam Kejuaraan karate piala Wali Kota Malang ini, keluar sebagai juara umum atau pertama berasal dari Dojo Spande Sidoarjo, yang berhasil mengoleksi 8 medali emas, 1 medali Perak, dan 1 medali Perunggu. Sedangkan, untuk peringkat kedua diduduki Shokaido Jatim dengan raihan 7 medali emas, 9 medali perak, dan 7 medali perunggu. Untuk Peringkat ketiga dari Lemkari Jatim Gemilang yang berhasil mengkoleksi 5 medali emas, 9 medali perak, dan 13 medali perunggu.


Topik

Olahraga karate festival and open turnamen forki kota malang juara karate festival



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana