Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Kisah Sophia Binti Abdul Muthalib Bibi Nabi Muhammad yang Menyamar Menjadi Pria semi Selamatkan Umat Islam

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

06 - Mar - 2023, 08:23

Placeholder
Sophia Binti Abdul Muthalib Bibi Nabi Muhammad. (Foto dari @kimtobat)

JATIMTIMES - Kisah Sophia Binti Abdul Muthalib Bibi Nabi Muhammad SAW. Ibu dari Zubair Ibnul Awwam, yang rela menyamar menjadi seorang pria demi membongkar kebohongan Yahudi pada umat Islam.

Pada saat Madinah dikepung oleh 10.000 pasukan Arab gabungan, Nabi Muhammad SAW atas usulan Salman Al Farisy membuat penggalian besar tepat di depan gerbang Madinah. Galian besar itu dibuat sebagai penghalang musuh masuk pada area Madinah.

Baca Juga : Gara Gara Klakson, Pengemudi Ini Ngamuk dan Ancam Tusuk Pengemudi Lain dengan Kunci Ban

Ide itu rupanya berhasil mencegah para musuh masuk pada area Madinah. Namun, orang-orang Yahudi di dalam benteng Madinah berkhianat. Mereka menyusun rencana. Mereka akan membuka gerbang belakang Madinah dan membiarkan aliansi Arab menyerang memutar dari sisi Utara Madinah.

Hal itu merupakan pengkhianatan yang mematikan bagi kaum Madinah, tepatnya bagi 3.000 warga Madinah. 

Sepuluh ribu pasukan Arab bisa menghancurkan seratus ribu lima ratus muslimin di dalam Madinah. Dari sana terdapat seribu lima ratus pria muslim menghadapi invasi di gerbang depan.

Sementara wanita muslim, orang tua dan anak kecil disembunyikan di banteng Utara di dalam Madinah.

Yahudi mulai menjalankan rencana mereka. Ketika pasukan aliansi Arab sepertinya terlalu sulit untuk mengalahkan pertahanan pasukan muslim di gerbang depan, beberapa Yahudi bergerak maju ke gerbang belakang Madinah. Dimana mereka harus melewati benteng utara, dimana tempat tersebut merupakan tempat wanita, orang tua dan anak kecil disembunyikan.

Jadi, mereka harus memastikan benteng utara sudah aman bagi mereka. Sebab, jika ada satu saja penjaga yang melihat aksi mereka membuka gerbang belakang itu akan menjadi masalah bagi rencana licik mereka (kaum Yahudi).

Jadi, mereka merangkak menuju benteng secara diam-diam. Tapi, aksi para kaum Yahudi itu diketahui oleh Sophia. Beliau kemudian melihat ke sekeliling benteng. Namun ia hanya menemukan wanita dan beberapa orang tua.

Dimana para orang tua untuk menggerakkan tubuh mereka saja sulit, apalagi untuk melawan kaum Yahudi. Untuk itu, hal itu harus dilakukan oleh Sophia sendiri. Di mana, Sophia akan menghentikan gerakan Yahudi itu.

Sophia selanjutnya mengambil baju besi milik lelaki tua itu. Mengambil busur, dan anak panah dari tangannya yang gemetar. Sophia lalu memakainya.

Baca Juga : Viral, Youtuber Rusia Beli Lamborghini Senilai Rp 3,8 M Lalu Dihancurkan demi Viewers

Sophia mulai menyamar menjadi sosok laki-laki. Selanjutnya ia pergi ke gerbang benteng itu. Ketika salah satu Yahudi telah mencapai puncak tembok, Sophia melompat ke arahnya, lalu menusuk kepalanya. Sophia juga menendang kepala kaum Yahudi itu dari tembok.

Orang Yahudi lainnya terkejut dengan jatuhnya rekan mereka dari atas tembok. Saat mereka melihat ke atas dinding, ada seorang pria berdiri di sana.

Selanjutnya, orang Yahudi berusaha menggapai mayat teman mereka. Namun, setiap kali mereka mendekat, Sophia menembak mereka dengan anak panah. Anak panah itu memang tidak mengenai mereka, namun hal itu cukup membuat mereka (kaum Yahudi) mundur.

Jadi, mayat kaum Yahudi itu tetap tergeletak di sana. Dan mayat tersebut sebagai bukti pengkhianatan mereka. 

Orang Yahudi berpikir bahwa di benteng utara hanya ada wanita dan para orang tua, tetapi ketika melihat seorang pria di sana yang sebenarnya adalah Sophia dengan baju besinya mereka membatalkan rencananya untuk membuka gerbang belakang Madinah. 

Dan kaum muslim pun terselamatkan dari pengkhianatan yang cukup fatal itu berkat Sophia Radiallahu anha. Karena keberanian dan ketegasannya. Sophia adalah wanita yang luar biasa, yang mendidik anaknya Zubair Bin Awwam menjadi pejuang yang tak kenal takut yang menembus dua ratus ribu tentara Romawi seorang diri dan kembali hidup tiga kali berturut-turut. 

Cerita luar biasa Sophia Binti Abdul Muthalib Bibi Nabi Muhammad SAW itu diceritakan oleh akun Tiktok @kimtobat.


Topik

Agama Nabi Muhammad SAW Sophia perjuangan rasulullah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya