Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Disperpusip Kota Batu Targetkan Perpusda Miliki Akreditasi A di 2023

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

05 - Mar - 2023, 07:35

Placeholder
Kepala Disperpusip Kota Batu Shanti Restuningsasih saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Zam-zam Hotel Kota Batu, Selasa (21/2/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Batu menargetkan Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kota Batu di Jalan Kartini, Kota Batu dapat memiliki akreditasi A di tahun 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Disperpusip Kota Batu Shanti Restuningsasih. Shanti, menjelaskan, bahwa proses penilaian akreditasi untuk Perpusda Kota Batu diperkirakan akan berlangsung Mei 2023 mendatang.

Baca Juga : Tak Pernah Aktif di Grup WA, Jadi Alasan Remaja Aniaya Pelajar di Pasuruan

Pasalnya, saat ini Disperpusip Kota Batu sedang melakukan pengajuan persiapan, mulai dari penataan pembangunan fisik, kesiapan para petugas, hingga keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan Gedung Layanan Perpusda Kota Batu.

"Target kami selalu kalau bisa (terakreditasi) A dengan harapan minat baca dari sekolah hingga kunjungan ke tempat kami bisa menjadi edukasi yang optimal," ungkap Shanti kepada JatimTIMES.com.

Shanti menyebut, bahwa pasca Gedung Layanan Perpusda Kota Batu diresmikan pada tahun Februari 2022 lalu oleh Ketua Perpustakaan Nasional (Kaperpusnas) RI Mohammad Syarif Bando dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, masyarakat yang berkunjung untuk membaca buku mencapai 21.013 orang.

"Kunjungan selama tahun 2022 itu 21.013 orang dan hingga saat ini jumlah anggota Perpusda Kota Batu mencapai 29.070 orang, baik dari masyarakat Kota Batu hingga wisatawan," jelas Shanti.

Lebih lanjut, Shanti menyebut bahwa saat ini Perpusda Kota Batu memiliki koleksi puluhan ribu buku. Setidaknya tercatat di Perpusda Kota Batu terdapat 56 ribu koleksi buku dengan berbagai jenis dan judul.

Baca Juga : Timnas U-20 Menang Melawan Suriah, Berikut Update Klasemen Piala Asia U-20 2023

Sedangkan, idealnya sebuah Perpusda minimal memiliki 40 ribu koleksi buku dengan berbagai jenis dan judul. Dengan 56 ribu koleksi buku, maka Perpusda Kota Batu telah melampaui batas minimal standar jumlah koleksi buku.

"Meskipun sudah memenuhi standar jumlah buku, kami tidak boleh puas sampai disini. Kami menargetkan akreditasi bisa sukses tahun ini," tandas Shanti.


Topik

Pemerintahan disperpusip kota batu perpusda



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana